Kotornya Sampah dan Rumput Liar, Satgas Sektor 22 Sub 06 Bersihkan Sungai Cikeues
-->

Advertisement Adsense

Kotornya Sampah dan Rumput Liar, Satgas Sektor 22 Sub 06 Bersihkan Sungai Cikeues

60 MENIT
Sabtu, 28 Agustus 2021

60menit.co.id | Kotornya Sampah dan Rumput Liar, Satgas Sektor 22 Sub 06 Bersihkan Sungai Cikeues, Jumat (28/08/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Sampah dan rumput liar masih terlihat mengotori bantaran, seperti yang terlihat pada Sabtu (28/8/2021) tadi, Satgas Citarum Harum sub 6 sektor 22 melakukan Pembersihan sampah liar dan rumput di anak sungai Cikeueus Wilayan Rt 04 Rw 06 kel. Cigondewah Rahayu kec. Bandung Kulon Kota Bandung.


Menurut Dansub 6 Peltu Aris Santoso, bahwa Langkah ini, untuk mengantisipasi meluapnya air sungai atau saluran air akibat adanya sampah, rumput liar atau benda lainya di sungai.


"Pembersihan ini lebih kepada upaya untuk mengembalikan fungsi sungai yang sebenarnya. Hal ini dilaksanakan secara rutin. Sehingga saat debit air meningkat, maka tidak sampai meluap atau sampai menimbulkan genangan di titik tertentu". Ujar Aris.


Lebih lanjut Aris menambahkan, bahwa secara umum kondisi sungai dan saluran air sudah baik. Namun jika intensitas hujan turun dapat menambah volume air dengan cepat membuat terjadi genangan di beberapa titik, namun paska hujan reda akan segera kembali normal.


"Kita ketahui, selain, sampah dan rumput liar dapat juga mempengaruhi perjalanan air menuju ke hilir". Paparnya.


Aris juga mengimbau, kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan sungai dan saluran air lainya. Hal ini mengingat, jika memasuki musim hujan tumpukan sampah dapat mengakibatkan air sungai tersumbat dan mengakibatkan banjir.


"Selain menyebabkan air meluap akibat berkurangnya daya tampung sungai, sampah juga akan bergerak menuju ke hiir. Jadi, masyarakat dimohon untuk tidak membuang sampah sembarangan, terlebih di sungai atau saluran air". Pungkasnya.


(M. Warman)