Ngerti Fungsinya Kirmir, Satgas Sektor 22 Sub 09 Lakukan Pembersihannya di Sungai Cipamokolan
-->

Advertisement Adsense

Ngerti Fungsinya Kirmir, Satgas Sektor 22 Sub 09 Lakukan Pembersihannya di Sungai Cipamokolan

60 MENIT
Selasa, 31 Agustus 2021

60menit.co.id | Satgas Sub 09 Sektor 22 dipembersihan kirmir Sungai Cipamokolan wilayah Rw 1 kel Darwati kec Rancasari, Selasa (31/08/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Satgas sub 09 Sektor 22 melakukan pembersihan kirmir Sungai Cipamokolan wilayah Rw 01 Kelurahan Darwati Kecamatan Rancasari Kota Bandung. 


Dipimpin Peltu Ihwan selaku Dansub 09, anggota satgas termasuk baraya dibantu tim gober kewilayahan dalam konsep peeawatan sungai yang bertujuan menjaga keutuhan Daerah Aliran Sungai yang sangat memengaruhi keberadaan sungai. 


Menurut Peltu Ihwan bahwa kirmir merupakan keberadaan yang sangat berpengaruh kuat terhadap keutuhan sungai, begitupun kondisi kirmir yang sangat perlu diperhatikan dengan serius, Selasa (31/08/2021)


Kirmir sebelum dibersihkan

"Ketuhan sungai dijamin oleh kirmir, termasuk keindahannya. maka pemeliharaan kirmir secara oftimal akan memengaruhi keberadaan sungai, sebagai penguat untuk menjaga pelestarianya," kata Ihwan. 


Sebuah hal yang sangat signifikan dalam pemeliharaan kirmir setelah pemeliharaan daerah aliran sungai dari kotoran sampah dan limbah kimia.


Akan mudah menjadi bencana jika kirmir tidak diperhatikan terutama disaat hujan deras, karena keberadaan kirmir yang tidak kuat mudah terjadi longsor. 



Rusaknya kirmir sering terjadi akibat pembiaran rumput yang menumbuhinya sehingga aerasi terlalu kebuka menyebabkan air mudah masuk dan merebahkan kirmir karena pengaruh rumput liar terhadap kirmir bisa membuat rapuh. 


"Pembersihan kirmir Sungai Cipamokolan ini kami baru bisa menyelesaikan sepanjang 100 M dan lebar 2 M.," ujar Ihwan. 


(zho)