Atasi Rusaknya Sungai, Satgas Sub 14 Sektor 22 Lakukan Pembersihan di Sungai Cijeunjing
-->

Advertisement Adsense

Atasi Rusaknya Sungai, Satgas Sub 14 Sektor 22 Lakukan Pembersihan di Sungai Cijeunjing

60 MENIT
Senin, 17 Januari 2022

60menit.co.id | Sungai Cijeunjing sedang dibersihkan Satgas Sektor 22 Sub 14, (Photo ! Zho).


60MENIT.co.id, Bandung | Kerusakan Daerah Aliran Sungai yaitu besarnya sedimentasi, sehingga ditumbuhi rumput liar dan tumpukan sampah. Ini bisa dilihat secara kondisional di lapangan dengan keterkaitan sempadan sungai yang subur di tumbuhi rumput liar.


Satgas Citarum Harum, Pelda Ujang Supriatna (Dansub 14 sektor 22) bisa mengukur situasi wilayah sungai tersebut. Sehingga tidak lama kemudian mengerahkan anggotanya untuk bertindak dalam perawatan sungai.


"Yaitu di Sungai Cijeunjing, wilayah Rw. 12 Kelurahan Batununggal, kami membersihkan sampah dan rumput liar tumbuh sebagai gulma jelas sangat merusak wilayah sungai. Sehingga sungai jadinkotor dan mengeringkan," kata Ujang.


Perawatan sungai yang ada setiap subsektor tidak bisa lakukan secara bersamaan, hanya bisa dikerjakan secara bertahap nunggu giliran dari satu tempat kemudian pindah ke tempat lainnya.


Menurut Pelda Ujang Supriatna, kejadian seperti ini diukur dari keterbatasan jumlah anggota satgas, semakin kesini semakin berkurang, sedangkan wilayah sungai yang ada sangat luas dan terhitung dari beberapa pelosok di wilayah sub 14.


Sempadan Sungai Cijeunjing. (zho)


Kendati demikian Satgas Citarum Harum Sektor 22 menggunakan kolaborasi dengan aparat di wilayahnya. Yaitu mengomando Tim Gober di masing-masing Kelurahan.


"Kolaborasi ini sangat perlu bagi kami, karena mereka bisa kita arahkan yang kita anggap perlu eksekusi pembersihannya. Walaupun secara bertahap," imbuh Ujang.


Pengawasan dan perawatan sungai disetiap wilayah untuk sementara waktu masih mengandalkan Satgas Citarum Harum, sehingga semua yang berurusan dengan kondisi sungai mengenai pencemaran maupun kerusakannya.


Untuk mengurangi tingkat pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai, Satgas Sektor 22 terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan tema tentang makna kebersihan sungai.


"Kami melakukan patroli sungai sejauh 1000 M  sekecamatan Bandung Kidul, berbarengan dengan komunikasi sosial bersama masyarakat mengenai Program Citarum Harum," ujar Ujang.


(zho).