Oftimal di Pembersihan, Satgas Sub 13 Sektor 22 Sosialisasi Mental Bagi Warga Sungai Citepus
-->

Advertisement Adsense

Oftimal di Pembersihan, Satgas Sub 13 Sektor 22 Sosialisasi Mental Bagi Warga Sungai Citepus

60 MENIT
Senin, 21 Maret 2022

60menit.co.id | Tampak Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 13 sedang membersihkan Sungai Citepus di wilayah Mekarwangi Bojongloa Kidul, Senin 21/03/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Rekayasa pembersihan sungai oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 13 semakin diutamakan, Dikatakan Serka Masroh selaku Dansub 13 bahwa ini bertujuan untuk mempercepat perubahan paradigma warga selain pada percepatan progres Citarum Harum.


Penentuan wilayah pada pembersihan sungai mengerucut pada hasil patroli sungai, program ini setiap sore hari dilakukan satgas Sektor 22 di seluruh wilayah kerjanya, seperti saat ini Satgas Sektor 22 Sub 13 melakukan perawatan di Sungai Citepus wilayah Kelurahan Mekarwangi Kecamatan Bojongloa Kidul, Senin (21/03/2022).


"Patroli sungai merupakan penentu pada giat besok harinya, walau disisi lain bahwa patroli sungai sebagai tolak ukur penilaian perkembangan kemajuan sungai yang mendasar pada paradigma masyarakat terhadap kepedulian kebersihannya," jelas Masroh.


Serka Masroh tidak memungkiri bahwa prilaku warga merupakan salahsatu dasar pada percepatan suksesi Program Citarum Harum. Bahkan bisa dikatakan di perjalanan Citarum Harum ke 5 tahun ini sudah banyak perkembangan di wilayah Sektor 22.


Tampak Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 17 berjibaku bersam Gober kewilayahan Mekarwangi.


Pantauan media di lapangan utamanya di Kota Bandung sudah jelas ada peningkatan jika diukur dari paradigma masyarakat, terbukti kondisi sungai sudah makin bersih atas berkurangnya sampah domestik.


"Pada dasarnya kita setiap hari melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat, baik door to door secara langsung bertatap muka yang dibantu dengan gerakan kita langsung turun membersihkan sungai. Nah gerak fisik inipun merupakan sosialisasi mental yang bisa membangun kepedulian by dari warga tersebut," imbuh Masroh.


Serka Masroh sendiri membuka lebar atas kepedulian warga yang mau bergabung untuk turun ke sungai, ini pernah terjadi bahkan sering. "Terutama ada organisasi kemasyarakatan yang ikut membina mental warganya, supaya mereka turut andil dalam suksesi percepatan Program Citarum Harum," katanya. 


Secara bertahap Satgas Sektor 22 Citarum Harum ini menyentuh nurani masyarakat, sehingga bisa muncul kepeduliannya. Langkah ini diperkuat satgas pada sosialisasi dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat bergerak bersama menggandeng aparat kewilayahan.


(zho)