Wilayah Tamansari, Sampah di Sungai Cikapundung Bersih oleh Satgas Sektor 22 Sub 12
-->

Advertisement Adsense

Wilayah Tamansari, Sampah di Sungai Cikapundung Bersih oleh Satgas Sektor 22 Sub 12

60 MENIT
Sabtu, 09 Juli 2022

60menit.co.id | Satgas Sektor 22 Citarum Harum di Sungai Cikapundung wilayah Tamansari Kota Bandung, Jumat 9/07/2022 (Mg.Oleh)


60MENIT.co.id, Bandung | Sepanjang 200 meter, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 12 bersama kewilayahan bersihkan sampah di Sungai Cikapundung yang berlokasi di Kelurahan Tamansari Kecamatan Bawet, Kota Bandung. Sabtu (09/07/22).


Sungai Cikapundung yang berada melintang dan menghiasi jantung kota Bandung merupakan wajah sekaligus penopang kehidupan masyarakat di sekitarnya sehingga keberadaannya harus tetap terjaga.


Untuk itu, Peltu Ade Sukmana selaku Komandan Subsektor 12 mengerahkan anggota untuk turun ke sungai guna memastikan kebersihan sampah yang ada di wilayah kerjanya.


Dalam aksinya ini mengutamakan perawatan sungai sebagai bentuk pelestarian kebersihan sungai di tengah kota Bandung.


Peltu Ade Sukmana menyampaikam, Pastinya wilayah ini selalu dipandang oleh warga dari berbagai kota yang sengaja mendatangi Kota Bandung untuk melakukan refreshing. 


"Mereka datang untuk menikmati keindahan kota, kuliner maupun shopping. Sehingga spontan bakal melirik kiri kanan termasuk keberadaan sungai". Ujar dia.


Dengan kepastian tersebut, Peltu Ade Sukmana menyiapkan diri dan pasukannya pada konsentrasi kebersihan sungai. 


"Semua ini sudah menjadi tanggung jawab Satgas Citarum Harum Sektor 22". Ucapnya.


Untuk memaksimalkan kondisi ini, Peltu Ade Sukmana bersama anggotanya dengan persuasif ke setiap aparat kewilayahan dengan maksud untuk melakukan pengawalan supaya memaksimalkan di perawatan sungai supaya selalu kondusif kebersihannya.


Menurutnya, hal ini bukan suatu tindakan yang mudah, yaitu sebuah tindakan yang berhubungan dengan karakter masyarakat kota yang sudah terbiasa berprilaku semaunya termasuk urusan tata kelola sampah yang sangat berpengaruh pula pada kondisi kebersihan sungai.


“Hal ini kita sudah memaksimalkan pada komunikasi sosial, yaitu sebuah komunikasi yang mengedepankan program Citarum Harum. Kami melakukan ini termasuk menuntun prilaku yang bertemakan Pola Hidup Bersih dan Sehat,” kata Ade.


Ia pun mengatakan, setiap berkomunikasi dengan masyarakat tentunya kita sampaikan tujuan dari Program Citarum Harum, dengan harapan supaya kondisi sungai menjadi bersih dan sehat.


"Semoga kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat di sekitar sungai untuk turut peduli dan menjaganya, minimalnya dengan tidak membuang sampah ke sungai". Harapnya. 


(Sholeh)