Hasil Patroli Sungai, Satgas Sektor 22 Sub 06 aksi Perawatan di Sungai Cipenya
-->

Advertisement Adsense

Hasil Patroli Sungai, Satgas Sektor 22 Sub 06 aksi Perawatan di Sungai Cipenya

60 MENIT
Selasa, 20 September 2022

Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06, membersihkan Sungai Cipenya, Selasa 20/09/2022 (zhovena) 


60MENIT.co.id, Bandung | Perawatan di Sungai Cipenya oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06 di wilayah Rw. 12 Kelurahan Cigondewah Kaler Bandung Kulon, adalah salah satu target utama. Hal ini diucapkan oleh Dansub 06 Sektor 22 Citarum Harum, Peltu Aris Santoso ketika paparan pada apel pagi mengawali kegiatan.


Ia menjelaskan bahwa target yang diprioritaskan ini disimpulkan pada hasil patroli sungai setiap hari dilakukan, yang selama ini merupakan kegiatan baku di Satgas Citarum Harum Sektor 22 pasca aksi perawatan sungai.


"Perawatan sungai selama ini kita lakukan pagi hingga tengah hari, selanjutnya kita melakukan pula giat komunikasi sosial kepada masyarakat kadang dibarengi patroli sungai, jadi ketiga giat ini sudah menjadi baku dilakukan setiap hari," kata Aris Santoso di lokasi giat, Selasa 20 September 2022. 


Tampak kerusakan daerah aliran sungai sudah jelas.


Semua aksi yang digiatkan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 mengerucut kepada pencapaian sungai yang bersih dan sehat. Menurut Peltu Aris Santoso bahwa menuju cita-cita Program Citarum Harum tidak bisa melakukan satu kegiatan saja. 


Kendati demikian Satgas Citarum Harum sangat menyadari, yaitu aksi perawatan sungai di seluruh wilayah merupakan giat utama yang bisa mendorong minat masyarakat dan aparat pemerintah ketika disampaikan sosialisasi yang menyatukan program ini bisa bersentuhan dengan program pemerintah juga.


"Kita hari ini di Sungai Cipenya membersihkan sampah dan rumput liar sepanjang 50 Meter terangkat sampah sebanayak 300 kg, dengan aksi seperti ini kita harap baik kepada masyarakat maupun pemerintah bisa meningkatkan perhatiannya pada kebersihan sungai," harap Aris.


Sungai Cipenya membutuhkan perbaikan daerah aliran sungai.


Peltu Aris Santoso mencontohkan ketika dirinya dan anggota melakukan patroli di Sungai Cirangrang sore hari wilayah Rt.02 Rw.01 Kecamatan Babakan Ciparay, sehingga hasilnya sebagai penentu atau tidak dalam dieksekusi aksi ke esokan harinya.


"Melalui patroli sungai, kondisi Sungai Cipenya adalah warna airnya bening, tidak berbau dan tidak berbusa, namun masih ada rumput liar di area kirmir sungai, Insha Alloh jika tidak ditemukan sungai yang lebih kotor kita akan berkasi perawatannya besok hari," tutup Aris. 


(zho)