Kondisi Air Sungai Cipaganti Bening, Dansub 08 Sektor 22 ; Namun Banyak Sampah Terkubur Lumpur
-->

Advertisement Adsense

Kondisi Air Sungai Cipaganti Bening, Dansub 08 Sektor 22 ; Namun Banyak Sampah Terkubur Lumpur

60 MENIT
Rabu, 21 September 2022

Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 08 melakukan pembersihan di Sungai 


60MENIT.co.id, Bandung | Pembersihan di Sungai Cipaganti wilayah Rw. 03 Kelurahan Hegarmanah Kecamatan Cidadap menurut Dansub 08, Serka Lukman Satgas Citarum Harum Sektor 22 sebagai karya bakti lanjutan. 


Serka Lukman mengatakan, sampah domestik di Sungai Cipaganti kebanyakan sampah rumahan yang sudah tenggelam bersatu dengan lumpur. 


"Sampah domestik rumahan berupa kain dan plastik kebanyakan sudah tenggelam di dasar sungai, kebetulan air sungai kondisinya bening jadi kita bisa melihat sampah-sampah tersebut," jelas Lukman.


Kondisi seperti ini tetap pencemaran sungai oleh sampah domestik harus dituntaskan, soalnya suatu waktu sampah-sampah tersebut akan terapung, baik oleh kondisi debit air yang memuncak maupun oleh kikisan lumpur yang bergerak. 


Banyak sampah domestik yg terkubur di lumpur.

Serka Lukman berharap, penjagaan bening air sungai harus disertai dengan kebersihan sehingga bisa menuai kesehatan.


"Sebagai Satgas Citarum Harum tentunya berharap kondisi air sungai itu tidak cuma bening, tapi harus sehat. Maka kotoran segala limbah harus tidak ada di aliran sungai," harap Lukman. 


Untuk mencegah hal diatas, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 08 melakukan edukasi berupa komunikasi sosial kepada masyarakat dengan tema hidup bersih dan sehat, yaitu sebuah pola yang menuntun perilaku yang tertib dan peduli kepada kebersihan diri, lingkungan dan sungai.


Komunikasi sosial kepada masyarakat itu dilakukan door to door sejalan dengan patroli sungai, yaitu survay dan penelitian kondisi sungai terkini.


(zho)