DanSub 11 Sektor 22, Serma Abdulloh Tuntun Toleransi pada Pembersihan Sungai Cipanjalu
-->

Advertisement Adsense

DanSub 11 Sektor 22, Serma Abdulloh Tuntun Toleransi pada Pembersihan Sungai Cipanjalu

60 MENIT
Minggu, 13 November 2022

Pembersihan Sungai Cipanjalu wilayah wilayah Rw. 05 Kelurahan Pasir Endah Ujung Berung, Sabtu 13/11/2022 (oleh: zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Sungai Cipanjalu wilayah Rw. 05 Pasir Endah ditumbuhi Gulma Sungai hingga mengotori lingkungan dan merusak Marwah Sungai, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 11 dipimpin Serma Abdulloh Fauzi langsung mengerahkan pasukan untuk membersihkannya hingga tuntas. 


Giat yang merupakan toleransi dari kekuatan Satgas Sektor 22 ini terus digulirkan secara rutin, sebagai bentuk edukasi terhadap semua pihak yang memiliki nurani terhadap kepedulian lingkungan berbasis moral dan pengertian. 


"Kita setiap hari melakukan perawatan sungai, diharapkan semua pihak baik masyarakat maupun pemerintah bisa terus menorehkan kepeduliannya untuk kebersihan sungai dan lingkungan," sontak Abdulloh Fauzi ketika dijumpai wartawan di tempat giat, Minggu 13 November 2022. 


Kondisi Sungai Cipanjalu sebelum dibersihkan.


Kotor dan suramnya sungai terus berdatangan walaupun Satgas Citarum Harum Sektor 22 setiap hari membersihkan di setiap wilayah. 


Hal ini terjadi karena masih ada rasa tidak tertanamnya kepedulian terhadap kebersihan sungai dan lingkungan, bahkan yang terjadi hanya saling diam dan memasrahkan kepada Satgas Citarum Harum sebagi eksekutor pembersihan dan penataan lingkungan dan sungai. 


Satgas Citarum Harum bukan tukang Bebersih Sungai, kadang makna itu sering disalah artikan oleh semua pihak. Maka muncul persepsi yang salah pula atas tugas Satgas Citarum Harum. 


Finishing giat pembersihan.


"Kita berharap mereka semakin faham atas adanya Satgas Citarum Harum Sektor 22, kita mengajak mereka supaya meningkatkan rasa peduli terhadap kebersihan, keutuhan dan layaknya naluri dan fungsi sungai," jelas Abdulloh. 


Fungsi sungai menurut Serma Abdulloh Fauzi adalah sebuah fasilitas masyarakat banyak, sehingga sungai bisa bermanfaat bagi kehidupannya, dengan makna ini mereka bisa melestarikan sungai yang bersih dan sehat supaya manfaat sungai terus terjaga hingga tanpa batas waktu. 


"Jika sungai dikotori dengan limbah baik limbah kimia maupun domestik, maka fungsi sungai akan berhenti disini, dan hanya bermanfaat bagi kepentingan masyarakat tertentu saja. Maka kita mengajak kepada semua pihak supaya bisa menjaga dan memelihara kebersihan sungai supaya bermanfaat bagi semua masyarakat untuk selamanya," tutup Abdulloh Fauzi. 


(zho)