Pembenahan Sungai Cipanjalu Tanda Keseriusan Satgas Sektor 22 Sub 11 Jalani Tugas
-->

PILIHAN ANDA, WAKTU SANTAI & RESMI

PILIHAN ANDA, WAKTU SANTAI & RESMI
Cemilan Enak, Gurih dan Nikmat (hanya 35K /Toples), hubungi 081320002339

Advertisement Adsense

Pembenahan Sungai Cipanjalu Tanda Keseriusan Satgas Sektor 22 Sub 11 Jalani Tugas

60 MENIT
Rabu, 23 November 2022

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 11 melakukan pembenahan Sungai Cipanjalu di wilayah Rw. 07 Kelurahan Babakan Penghulu, Rabu 23/11/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Perawatan sungai oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 saat ini Subsektor 11 melakukan pembenahan Sungai Cipanjalu, menurut Serma Abdulloh Fauzi selaku DanSub bahwa sungai ini sudah mulai bermunculan sedimentasi. 


Pembiaran sedimentasi akan semakin besar dan kuat, selain penyebab penyempitan sungai juga akan ditumbuhi rumput liar. 


"Kita memfokuskan sedimentasinya dulu, soalnya jika dibiarkan akan sangat menggangu aliran sungai, selain itu rumput liar akan banyak dan terjadi penyempitan pada sungai," jelas Abdulloh, Rabu 22 November 2022. 


Kerusakan sungai terjadi disebabkan karena adanya pembiaran dalam perawatan. Dengan menahun maka sungai menjadi sempit dan tidak maksimal menampung volume air maka mudah terjadi banjir. 


Munjelang tuntas perataan sedimentasi Sungai Cipanjalu.


Kejadian di tahun-tahun belakang, banjir karena banyak kerusakan sungai akibat adanya pembiaran. Selain penyempitan oleh sedimentasi juga terjadi karena rapuhnya tembok penahan tanah (kirmir) yang dibiarkan. 


Satgas Citarum Harum Sektor 22 di setiap wilayah kerjanya melakukan pengawasan melalui patroli sungai berikut perawatannya yang dilakukan setiap hari. 


"Kedepan mulai adanya kita sebagai Satgas Citarum Harum di Sektor 22, akan terus memantau keadaan sungai. Sehingga kerusakan dan ketidaklayakan sungai terawasi, jika ada hal yang menonjol akan kita eksekusi besok harinya," ucap Abdulloh. 


Untuk memastikan keadaan sungai, Satgas Sub 11 Sektor 22 ini rutin pula melakukan monitoring ke pelaku industri yang menghasilkan limbah. Sehingga keberadaan pabrik atau pelaku industri lainya bisa terpantau. 


(zho)