Tidak Bisa Dikenakan, Suburnya Rumput Liar di Sungai Citepus Langsung Dibersihkan Satgas Sektor 22 Sub 14
-->

Advertisement Adsense

Tidak Bisa Dikenakan, Suburnya Rumput Liar di Sungai Citepus Langsung Dibersihkan Satgas Sektor 22 Sub 14

60 MENIT
Senin, 07 November 2022

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 14 membersihkan Anak Sungai Citepus Rw 02 Kel. Mengger Kec. Bandung Kidul, Senin 7/11/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Rumput liar menutupi Anak Sungai Citepus wilayah Rw. 03 Kelurahan Mengger Kecamatan Bandung Kidul kini mulai dibersihkan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 14 bersama Baraya Sektor 22 dan Gober kewilayahan. 


Serma Andriyan Dwi Julianto, Dansub Sektor 14 Satgas Citarum Harum Sektor 22 langsung memimpin giat perawatan sungai ini mengatakan, marak suburnya rumput liar di setiap sungai sudah tidak bisa dikendalikan, maka perawatan sungai perlu ditingkatkan di setiap wilayah. 


"Iklim hujan seperti ini sudah biasa di setiap sungai ditumbuhi rumput liar sebagai gulma, dan ini sangat menggangu kelayakan sungai maka perawatan ini perlu ditingkatkan di setiap wilayah," ujar Andriyan, kepada wartawan di lokasi giat, Senin 7 November 2022. 


Anak Sungai Citepus sedang dilakukan pembersihan oleh satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 14.


Pada pembersihan Anak Sungai Citepus ini Satgas Citarum Harum Sektor 22 sudah mengikat Kolaborasi dengan pemerintah daerah hingga tingkat kewilayahan. 


Hal ini menjadi kekuatan di lapangan bagi Satgas, selain melancarkan progres pada program Citarum Harum juga merupakan regenerasi yang bisa meneruskan perawatan sungai hingga tak terbatas waktu.


"Kita berharap, pasukan Gober kewilayahan ini bisa dikaryakan sampai tak terbatas waktu, soalnya perawatan sungai untuk menjamin keutuhan, bersih dan sehatnya sungai perlu perawatan yang berkelanjutan," ujar Andriyan.


Masih kondisi pembersihan.


Kondisi sungai di setiap wilayah tidak bisa diabaikan, maka perawatan sungai di setiap wilayah harus menjadi jaminan oleh semua pihak supaya kondisi sungai bisa terjaga baik keutuhan sungai maupun pencemarannya. 


Upaya ini setiap hari dilakukan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22, yaitu melalui komunikasi sosial kepada masyarakat maupun sosialisasi di pemerintahan daerah dan kewilayahan. 


"Tujuan kita pada komunikasi sosial kepada masyarakat maupun di setiap dinas dan aparat pemerintah daerah, yaitu untuk menjamin keberhasilan bersih dan sehatnya sungai, sehingga sosialisasi ini kita menerapkan cara berprilaku untuk mencapai tujuan Citarum Harum, begitupun ketika sosialisasi khusus di setiap dinas dan pemerintahan lainya," ujar Andriyan. 


(zho)