Karang Taruna Kabupaten Garut Gelar Rapat Konsultasi Tahun 2019

Advertisement Adsense

Karang Taruna Kabupaten Garut Gelar Rapat Konsultasi Tahun 2019

Wak Puji
Sabtu, 14 Desember 2019

Kepala Kesbangpol Kabupaten Garut Drs. Wayudijaya M.Si berfoto bersama Pengurus dan anggota Karang Taruna Kabupaten Garut (foto : Istimewa)

60menit.co.id, Garut - Karang taruna kabupaten Garut menggelar Rapat Konsultasi Karang Taruna Kabupaten Garut Tahun 2019 bersama karang taruna kecamatan dan pengurus desa se-kabupaten Garut, yang juga dihadiri beberapa dinas terkait di Hotel Paseban, Jum’at (13/12). Ketua karang taruna kabupaten Irwandani  S. IP. M.SI, menyampaikan rapat konsultasi ini dimaksudkan untuk menyampaikan usulan program kegiatan karang taruna pada tahun 2020 kepada pemerintah daerah, sekaligus kepada karang taruna desa agar ikut berpartisipasi mengisi kegiatan karang taruna kabupaten Garut.

Mudah-mudahan dengan rapat konsultasi karang taruna kabupaten Garut ini, bisa memetik hasil yang baik serta menambah ilmu yang bermanfaat dari beberapa pemateri, diantaranya dari Dinas Sosial. Para pemuda harus bias mengangkat kesejahteraan perekonomian khususnya yang ada didaerah-daerah”, harapnya.

Kedepan, imbuh Irwandani, semoga karang taruna kabupaten Garut, karang taruna kecamatan dan karang taruna desa  dapat berperan secara aktif dan bersinergi di bidang sosial kemasyarakatan. Peran karang taruna akan menjadi sangat penting ketika anggotanya dapat aktif secara personal juga bermitra di beberapa aspek sebagai kontrol sosial dilingkungannya.

Sementara, Kepala Kesbangpol  Drs. Wahyudijaya, M.Si mewakili bupati Garut membuka kegiatan rapat konsultasi tersebut sekaligus membacakan pesannya. Diharapkan karang taruna menjadi garda terdepan menjadi agen perubahan di tengah masyarakat. “Maka dari itu Kita fokus terhadap persoalan sosial, ekonomi, kemiskinan dan persoalan pendidikan”, tuturnya.
Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman menyampaikan sambutan pada acara penutupan Rapat Konsultasi Karang Taruna Kab Garut

Kedepannya, Bupati Garut juga menginginkan kerjasama antara Pemkab dengan karang taruna harus terus dilajin melalui dinas-dinas yang memiliki program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Karang taruna masuk ke program-program yang ada di dinas, pemerintah banyak program tapi hilang begitu saja karena memang di pemerintah terbatas. Diharapkan dengan adanya karang taruna di dalamnya, program pemda dapat terbantu.

Adapun, wakil bupati Garut dr. Helmi Budiman di penutupan kegiatan rapat konsultasi yang berlangsung dua hari, menantang karang taruna rubah mindset pemuda di kabupaten Garut. Karang taruna kabupaten Garut harus mampu merubah mindset atau pola pikir pemuda yang ada di wilayah Kabupaten Garut . Pasalnya sebagai organisasi sosial dikabupaten Garut sudah seharusnya karang taruna memiliki peran dalam pembangunan daerah. “Karang taruna juga bisa merubah mindset pemuda di kabupaten Garut jangan menjadi pemuda yang cengeng tapi menjadi leader, harus jadi pelopor bisa membangun ekonomi. Salah-satunya dengan membangun peluang usaha di bidang pariwisata, pemuda harus jadi pelopornya di kabupaten Garut”, harapnya.


Tambah wabup, banyak potensi alam yang bisa digali untuk bisa dijadikan pariwisata  yang belum bisa tersentuh oleh pemuda, seperti wisata Gunung Guntur danTelaga Bodas, dengan maksimal penataannya oleh pemuda dan masih banyak lagi potensi alam di kabupaten Garut yang belum di sentuh, maka Pemuda harus jadi pelopornya untuk pariwisata di kabupaten Garut.