Epi Kustiawan Makin Serius Masifkan Konservasi

Advertisement Adsense

Epi Kustiawan Makin Serius Masifkan Konservasi

60 MENIT
Rabu, 22 Januari 2020

60Menit.com - Kadishut Jabar (Epi Kustiawan) Penanaman pohon di Pasir Jambu, Kab. Bandung, Senin (21/01/2020)

60MENIT.CO.ID, Kab. Bandung ☐ Program Penghijauan dan konservasi tanah yang merupakan upaya rehabilitasi lahan di luar kawasan hutan. Salah satunya adalah penghijauan lahan kritis, terutama di Hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum yang menjadi fokus utama Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Jawa Barat. 

Aksi nyata Dishut Provinsi Jabar, sebanyak 2.000 batang pohon ditanam di hulu DAS Citarum di Desa Cikoneng Kecamatan Pasir Jambu Ciwidey Kabupaten Bandung, Senin, 20/1/2020.

Turut hadir pada penanaman pohon tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Asep Kusumah, Camat Pasir Jambu, Rahmat, Kepala Desa Cikoneng, Ihsan Nurjama, Kabid P-DAS Dedi Hendrawan, Kabid BUPM, Susi Tresnawati, KCDK Wilayah V, Wiwin Winarsih, Penyuluh CDK V, Dirman, Ketua IPKINDO, Babinsa, Muspika Kecamatan Pasir Jambu dan Penggerak Lingkungan serta ratusan siswa SD dan SMP.

60Menit.com

Camat Pasir Jambu, Rahmat mencanangkan Gerakan Penanaman Pohon Bersama Warga Setiap Hari Jumat di 10 Desa.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Epi Kustiawan mengapresiasi kepedulian Camat Pasir Jambu yang telah mencanangkan Gerakan Penanaman pohon Bersama Warga.  “Sebagai bentuk apresiasi, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat akan membuatkan kebun bibit rakyat untuk menunjang kegiatan Camat Pasir Jambu dan akan memberikan 10 stup madu tambahan usaha warga. 

60Menit.com

Dikarenakan wilayah Pasir Jambu ini banyak bunga Caliandra dan bunga labu yang merupakan pakan lebah madu. Sesuai dengan visi misi Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat “Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera”, ungkap Kepala Dishut Provinsi Jabar.

Camat Pasir Jambu, Rahmat mengucapkan terima kasih atas kepedulian Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat dalam melestarikan lingkungan dan membantu mensejahterakan warga Pasir Jambu. 

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Cikoneng, Ihsan, dengan adanya gerakan penanaman pohon ini, kita harapkan masyarakat tergerak hatinya untuk selalu merawat dan menjaga kelestarian lingkungan.

(*Lelys/Zho)