Kabupaten Garut Siap Rebut Kembali Penghargaan Pembangunan Daerah

Advertisement Adsense

Kabupaten Garut Siap Rebut Kembali Penghargaan Pembangunan Daerah

Wak Puji
Selasa, 11 Februari 2020



60menit.com, Garut - Pemerintah Kabupaten Garut siap rebut kembali Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD), dimana hari ini akan digelar penilaian tahap II PPD kabupaten/kota provinsi Jawa Barat tahun 2020. Demikian disampaikan Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab Garut Agis Ismail, ST, MT di kantornya, Selasa (10/2).


“Hari ini akan dilaksanakan verifikasi dan wawancara dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) oleh tim penilai provinsi yang terdiri dari tim Penilai independen dan tim penilai utama. Kita harus rebut kembali penghargaan pembangunan daerah ini, dimana tahun 2017 kabupaten Garut memboyong penghargaan tersebut”, ujarnya.

Kabupaten Garut, imbuh Agis, masuk dalam empat besar kabupaten/kota yang lolos di provinsi Jawa Barat. Adapun yang lolos empat besar tersebut diantaranya, kabupaten Pangandaran, kabupaten Purwakarta, kabupaten Karawang dan kabupaten Garut. 


“Focus Group Discussion selain mengundang SKPD, kita juga mengundang beberapa stakeholder yang berkaitan dengan pembangunan daerah”, katanya.

Adapun metodologi penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD), terdiri dari tiga pilar penilaian, yakni Multiple Assissment, Collective Scoring, Expert Involvement. Multiple Assissment, tahap 1 penilaian dokumen perencanaan, tahap 2 verifikasi dan kunjungan lapangan, tahap 3 presentasi dan wawancara. 

“Jika kita lolos di empat besar, maka kabupaten Garut mewakili Jawa Barat maju di penilaian tingkat nasional”, pungkas Agis. (Djie)