KADIS PUPR GARUT BUKA MUSRENBANG DI KECAMATAN PANGATIKAN

Advertisement Adsense

Bupati Garut

Bupati Garut

Kadispora Kab. Garut

Kadispora Kab. Garut

Kadis Pertanian Garut

Kadis Pertanian Garut

KADIS PUPR GARUT BUKA MUSRENBANG DI KECAMATAN PANGATIKAN

Wak Puji
Jumat, 14 Februari 2020



60menit.com, Garut - Mewakili Bupati Garut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut, membuka secara resmi gelar Musyawarah Rencana Pembangungan (Musrenbang) tingkat kecamatan Dalam Rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Garut 2021, di Kecamatan Pangatikan, Kamis (13/02).

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Garut, Ir Luna Apriantini MT, dalam sambutannya menyampaikan, merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan karena berkaitan dengan kebijakan-kebijakan pembangunan di masa yang akan datang. Musrenbang, kata Luna, harus menyamakan visi dan misi, selaras dengan arus pembangunan dan tema yang di usung Pemerintah Kabupaten Garut agar tidak terjadi tumpang tindih kebijakan.

“Jadi usulan masyarakat dalam Musrenbang kali ini harus sesuai dengan tema yaitu pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan infrastruktur yang mantap disertai perluasan investasi guna peningkatan daya saing daerah,” ucap Luna, Kamis (13/02).


Dilanjutkan Kadis PUPR, Musrenbang ini juga merupakan forum antar para pelaku pembangunan di tingkat kecamatan yang bertujuan untuk membahas hasil daftar usulan dari desa atau kelurahan, sekaligus sebagai bahan masukan untuk penyempurnaan dari rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Garut tahun 2021, yang diselaraskan pula dengan sumber-sumber perencanaan lainnya, yang dilakukan baik melalui pendekatan politik, teknokratik maupun partisipatif.

“Pak Bupati berpesan, agar para peserta musyawarah di Musrenbang bisa memprioritaskan usulan untuk kegitan peningkatan IPM dan pemberdayaan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai upaya mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Garut,” paparnya.

Sementara, Camat Pangatikan Hj Titin Wartini, mengatakan, Musrenbang merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan dalam rangka menyusun perencanaan pembangunan yang meliputi bidang pembangunan, infrastruktur, kesehatan, pendidikan, pertanian, perikanan dan perekonomian. Harapannya dalam Musrenbang ini, untuk penetapan tahun 2021,

“Apa yang telah di susun dalam RPTK kecamatan Pangatikan, usulannya bisa terealisasi karena sudah di hadiri serta singkronisasi dengan anggota DPRD, para SKPD, para Kepala Desa dan tokoh masyarakat, supaya selaras dan berkesinambungan dengan tema yang di usung Pemerintah daerah tersebut,” kata Titin.

Terpisah, anggota DPRD Kabupaten Garut, Cucu Suhendar, menyebutkan ada poin yang penting yang mesti harus diketahui oleh masyarakat peserta musrenbang, yakni apa yang diusulkan itu harus nyambung dengan tema pembangunan yang akan di laksanakan di tahun 2021.

“Kenapa selama ini di usulkan A tapi yang keluar B, ini bisa jadi yang di inginkan oleh masyarakat itu tidak nyambung dengan prioritas dengan tema yang akan diusung tahun berikutnya, misalnya kalau sekarang menitik beratkan kepada pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas, infrastruktur yang mantap dan perluasan investasi,” katanya.

Cucu juga menandaskan, supaya usulan terealisasi maka diupayakan semua itu sama atau mendukung dengan tema pembangunan yang akan di laksanakan pemerintah kabupaten Garut. Kalau pembangun infrastruktur maka di upayakan pembangunan infrastruktur itu yang menunjang pembangunan SDM dan peningkatan IPM untuk yang lainya bisa mengikuti, pungkasnya.

Pantauan media, hadir dalam acara Kadis PUPR, BAPPEDA, anggota DPRD Garut Dede Salahudin F-PKS, Cucu Suhendar Ketua F-Demokrat, Ayi Suryana Ketua F-PPP, Ihat Solihat F-PKB, para SKPD, Kapolsek Wanaraja, Danramil Wanaraja, para Kepala UPT, Para Kepala Desa, BPD, MUI, LPM, Kader PKK, Karang Taruna dan para ormas KNPI, PP, Lsm Sorak dan tokoh masyarakat Pangatikan. (Djie)