Wabup Garut Minta Para Kades Menganggarkan Dana Desa untuk Kesejahteraan Pada Acara Musrenbang di Banyuresmi Garut
-->

Advertisement Adsense

Wabup Garut Minta Para Kades Menganggarkan Dana Desa untuk Kesejahteraan Pada Acara Musrenbang di Banyuresmi Garut

Wak Puji
Kamis, 06 Februari 2020



60menit.com, Garut – Wakil Bupati Garut, hadir dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2021, Rabu (05/02) di Aula kecamatan Banyuresmi. Hadir dalam acara, Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, Anggota DPRD Iden Sambas Fraksi PKB Dapil 5, Forkopimcam Banyuresmi, Tim Monitoring dari Kabupaten,Tim Percepatan Pembangunan, para Kepala UPT/UPTD, Kepala Desa, Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa se-Kecamatan banyuresmi serta sejumlah undangan lainnya.

Camat Banyuresmi H Nurodin, dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan dalam rangka menyusun perencanaan pembangunan yang meliputi bidang pembangunan, kesehatan, pendidikan, perekonomian dan lainnya.

Dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan Banyuresmi, kata Nurodin, akan membahas usulan dari setiap desa. Selain untuk penyusunan RKP Tahun Anggaran 2021 dalam Musrenbang juga akan dilakukan evaluasi dari kegiatan tahun sebelumnya.

“Untuk itu diharapakan, melalui Musrenbang kali ini diperoleh perencanaan yang matang demi kemajuan Kecamatan banyuresmi kedepannya,” ucap Camat.

Hal senada diungkapkan Anggota DPRD Garut Iden Sambas, yang mengemukakan, bahwa Musrenbang adalah mekanisme tahunan yang dmulai dari musdus, musdes hingga ke jenjang yang lebih tinggi yang bersifat aspiratif.

“Aspiratif ini adalah, seluruh peserta memiliki hak suara untuk memberikan usulan dalam perencanaan,” katanya.

Sementara, Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan karena berkaitan dengan kebijakan-kebijakan pembangunan di masa yang akan datang, merupakan jihad namun dalam kegiatan ini, kata Wabup, harus menyamakan visi dan misi selaras dengan arus pembangunan dari hulu ke hilir agar tidak terjadi tumpang tindih kebijakan.

“Kepada para Kepala Desa, agar ususlan-usulan yang disampaikan dalam Musrembang kali ini sesuai dengan Visi dan Misi Pemkab, supaya perencanan pembangunan dapat berjalan selaras dengan Visi Misi Mewujudkan Kabupaten Garut Bertaqwa maju dan Sejahtera hasil Musrenbang yang ditetapkan harus kita sepakati dan laksanakan bersama,” kata Helmi.

Berkaitan dengan Dana Desa, Wabup Helmi berpesan, agar para Kepala Desa memprioritaskan penggunaan Dana Desa untuk kegitan pemberdayaan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai upaya mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Garut.

“Saya meminta, sektor pendidikan dan kesehatan harus menjadi perhatian serius, agar generasi penerus dapat hidup sehat dan pintar sehingga dapat meneruskan pembangunan di Kabupaten Garut,” pungkasnya. (Djie)