Hore, Tanggal 1 Juli Buat SIM di Garut Gratis
-->

Advertisement Adsense

Hore, Tanggal 1 Juli Buat SIM di Garut Gratis

Wak Puji
Kamis, 18 Juni 2020


60menit.com, Garut - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Garut akan menggelar berbagai kegiatan dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara. Salah satu kegiatanyang akan diselenggarakan yakni membuka pelayanan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara gratis.

Kapolres Garut, AKBP Dede Yudi Ferdiansyah melalui Kasatlantas Polres Garut, AKP Asep Nugraha menyebut bahwa pihaknya akan memberikan pembuatan SIM gratis dikhususkan bagi warga yang lahir pada tanggal 1 Juli, bertepatan dengan hari lahirnya Bhayangkara.   

Masyarakat yang ingin mendapatkan SIM gratis, cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta surat keterangan berbadan sehat. 

Adapun persyaratan lainnya, cukup dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan SIM A dan SIM C yang lama bagi yang ingin memperpanjang, sedangkan yang ingin membuat SIM baru cukup membawa KTP.

“Program ini khusus bagi warga Garut yang lahir pada tanggal 1 Juli. Mereka akan mendapat pelayanan SIM secara gratis, dan tentu harus yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan termasuk usia serta berbadan sehat," ujar Asep, Kamis (17/06/2020)

Bagi yang akan membuat SIM baru, tambah Asep, syarat lain yang harus dipenuhi yakni lulus ujian teori maupun praktek. Jika semua syarat tersebut sudah terpenuhi, maka biaya pembuatan SIM-nya untuk ke bank akan ditanggung oleh Polres Garut.   

Selain itu, Asep juga menerangkan bahwa dalam pelaksanaannya, protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 juga akan tetap dilaksanakan. 

Warga yang akan membuat atau memperpanjang SIM harus menjaga jarak, mengunakan masker, dan cuci tangan menggunakan sabun ataupun hand sanitizer yang telah dipersiapkan di Polres.

“Terkait pelaksanaan protokol kesehatan kaitan dengan pencegahan Covid-19, tentunya kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya sesuai dengan anjuran pemerintah. Hal ini penting dilakukan agar dalam pelaksanaan program ini aman dan sesuai prosedur,” katanya.

Asep berharap, bagi warga yang ingin membuat atau memperpanjang SIM secara gratis ini agar secepatnya mendaftarkan diri ke Satlantas Polres Garut. 

Diungkapkannya, selain pembuatan dan perpanjangan SIM gratis, dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-74, Polres Garut juga akan menggelar sejumlah kegiatan lainnya. 

Kegiatan yang dilakusankan lebih kepada yang bersifat bakti sosial seperti pembagian bahan pangan, donor darah, serta rapid test.