KUALITAS JURNALISME ONLINE
-->

Advertisement Adsense

KUALITAS JURNALISME ONLINE

Wak Puji
Jumat, 03 Juli 2020



60menit.com - Kualitas jurnalisme online, setidaknya, bisa dilihat dari dua aspek. Pertama, dari cara berada wartawan yang mempraktikkan jurnalisme online. Kedua, dari berita yang dihasilkan jurnalisme online. Dari yang terakhir ini, paling tidak, ada empat syarat yang harus dipenuhi.

Pertama, memiliki kelengkapan berita. Fakta yang ada harus menjawab setidaknya pertanyaan 3W + 1 H, yakni What, Who, Why, How. Kalau ada halayak yang tidak puas dengan berita tersebut, mereka bisa mengikuti berita selanjutnya. Berita selanjutnya ini, menurut Ninok Leksono dalam tulisannya yang  “Surat Kabar di Tengah Era Baru Media & Jurnalistik”, terdiri dari berita perkembangan, berita lanjutan, dan kesimpulan. Bila dikaitkan dengan berita awal, setidaknya ada empat tahap berita, yang dijelaskannya sebagai beirkut: 

Pada berita awal, wartawan menyajikan semua informasi yang berkaitan dengan peristiwa yang dilaporkan. Pada berita perkembangan, peristiwa dijelaskan; latar belakang dan hubungan dengan topik lain dicari dan diuraikan. Pada berita lanjutan, berita tentang peristiwa dibuat, pertanyaan terbuka coba dijawab. Pada kesimpulan, kajian ulang atas peristiwa yang terjadi, konsekuensinya dan keseluruhan berita diterbitkan. (hal. 269).

Kutipan ini memperlihatkan bahwa sejalan dengan perkembangan waktu, sebuah berita memiliki kedalaman. Berita awal, setelah menempuh tiga langkah, bisa menjadi sebuah “kesimpulan” yang memiliki kedalaman informasi yang memadai. Dengan informasi semacam ini, khalayak akan memiliki kesempatan untuk lebih memahami apa yang sesungguhnya terjadi dan mampu memberikan respons yang proporsional.

Kedua, punya hyperlink. Dalam jurnalisme online, keberartian diri seorang wartawan juga penting. Seorang reporter, misalnya, tidak hanya memposisikan dirinya sebagai reporter, tetapi juga sebagai pembaca. Keterangan ini sesuai dengan penjelasan Thamzil Thahir dalam tulisannya yang berjudul “Teknik Peliputan dan Penyajian Berita Online” berikut:

Jika di media konvensional jurnalis mengandalkan 5 W + 1 H, maka di media online jurnalis butuh 3 tools  tambahan, atau alat pelacak berita tambahan. Kami di Tribun, menyebutnya dengan 3 What: What  happens  (apa yang terjadi sesungguhnya), What that is it mean to me (apa artinya bagi saya), dan What should I do (apa yang harus saya perbuat).  

Jika di media konvensional 5 W + 1 H hanya menginformasikan berita, dan  jurnalis memposisikan diri sebagai reporter (juru lapor) dengan banyak pertanyaan, maka di media online 3 What, jurnalis memposisikan diri sebagai pembaca. Berempati dan melibatkan partisipasi publik sebanyak mungkin (hal. 2).  

Kutipan ini menggambarkan bahwa secara praktis dalam menulis berita online, seorang reporter juga harus memosisikan dirinya sebagai pembaca. Dari posisi ini, dia bisa berempati kepada pembaca dan membayangkan informasi apa yang masih diperlukan oleh pembaca. Kalau dia merasa bahwa perlu ada tambahan informasi yang tidak bisa dia berikan, dia bisa memperluas informasi melalui hyperlink atau hypertext transfer protocol. 

Ketiga, mempraktikkan prinsip “BASIC”. Untuk menjamin berita online sesuai dengan karakteristik media online, ia perlu mempraktikkan prinsip “BASIC”. Prinsip ini, kata  Zainuddin Muda Zainuddin Monggilo, dalam tesisnya yang berjudul Kualitas Berita Online pada Portal Berita Online di Indonesia (Analisis Isi Berita Kecelakaan Pesawat Air Asia QZ8501 pada detik.com Periode Desember 2014-Januari 2015), merupakan: 

Singkatan dari ringkas (brevity), bersifat adaptif (adaptability), dapat dibaca dengan cepat (scannability), bersifat interaktif (interactivity), dan mengenai masyarakat dan percakapan (community and conversation). Semuanya merupakan prinsip-prinsip fundamental dalam jurnalisme online (hal. 28).

Keempat, tetap mengamalkan prinsip jurnalisme. Salah satu keunggulan media online selama ini adalah kecepatan berita. Kecepatan ini, kalau dimanfaatkan oleh jurnalisme online, tentu akan terjadi get the story first and right. Namun, pada praktiknya media online tidak jarang terjerumus kepada get the story first- then-get it right. Kalau sudah begini, jurnalisme online sudah mengabaikan kebenaran. Padahal kebenaran menjadi salah satu ukuran kualitas berita yang dihasilkan jurnalisme publik. Ini sesuai dengan petuah Bill Kovach dan Tom Rosenstiel dalam buku berjudul The Elements of Journalism: What Newspeople Should Know and the Public Should Expect, bahwa prinsip pertama jurnalisme adalah wajib melayani kebenaran (hal.12).

Keunggulan lain dalam media online adalah dalam pengumpulan fakta. Untuk pengumpulan fakta, bisa saja reporter melakukan “cut and paste” fakta dari berita lain. Lepas dari perdebatan berita itu sudah menjadi hak publik, tetap saja ia melakukan plagiarisme. Padahal menurut Ninok Leksono, yang mengutip tulisan pada Online Journalism Review, 02/04/2002 dalam tulisan yang sama dengan di atas, reporter dilarang melakukan plagiarisme (hal. 276).

Bila dilihat lebih jauh, kewajiban jurnalisme yang disebutkan Bill Kovach dan Tom Rosenstiel di atas diterbitkan tahun 2001. Pada saat itu, perkembangan jurnalisme online belum sepesat seperti sekarang. Namun, pada 2010, Bill Kovach & Tom Rosenstiel tetap setia menyarankan bahwa apa pun medianya, prinsip-prinsipnya tetap seperti yang mereka usulkan pada tahun 2001. Bahkan, mereka menambahkan satu prinsip lagi. Maka jadilah sepuluh prinsip, seperti yang tertulis dalam buku Blur: How to Know What’s True in the Age of Information Overload, yakni:


1.     Kewajiban jurnalisme kepada kebenaran

2.    Loyalitas jurnalisme adalah kepada masyarakat

3.    Intisari jurnalisme adalah disiplin verifikasi

4.    Praktisnya harus menjaga independensi terhadap sumber berita

5.    Jurnalisme harus berlaku sebagai pemantau kekuasaan

6.    Jurnalisme harus menyediakan forum publik untuk kritik dan dukungan masyarakat

7.    Jurnalisme harus berupaya buat hal penting, menarik, dan relevan

8.    Jurnalisme harus menjaga agar berita komprehensif dan proporsional

9.    Para praktisinya harus diperbolehkan mengikuti nurani mereka

10.  Khalayak punya hak dan tanggung jawab ketika mereka sudah masuk ke dalam berita (hal. 223).

Kelima, menjadi arena percakapan. Banyak orang mencari berita online karena ingin memperoleh berita yang eksklusif. Dalam dunia media, eksklusivitas itu dilihat dari tingkat ketersembunyian sebuah peristiwa atau ide. Semakin tersembunyi sebuah peristiwa atau ide, semakin menarik berita itu disiarkan. Dalam konteks inilah tidak jarang berita kedua atau ketiga merupakan koreksi dari berita pertama.

Ketika menghadirkan berita koreksi, tidak jarang wartawan juga menyajikan berita yang dikoreksi. Dari kehadiran berita seperti ini, terjadilah percakapan. Berita yang disiarkan kemudian menjadi arena percakapan. Dari sini, khalayak bisa membangun diskusi yang lebih luas. Atau mereka bisa mencari informasi yang lebih akurat tentang informasi yang berkaitan dengan berita yang keliru. 

Dalam bahasa yang lain, berita seperti ini tidak “menggurui” khalayak. Sebaliknya, ia mengajak khalayak untuk berpikir tentang apa yang sesungguhnya terjadi. Sikap ini tentu saja mulia. Bukankah salah satu sifat hakiki manusia itu tidak ingin digurui?