Kirab Merah Putih di Kabupaten Karawang di Hadiri Gubernur Jabar
-->

Advertisement Adsense

Kirab Merah Putih di Kabupaten Karawang di Hadiri Gubernur Jabar

Wak Puji
Minggu, 16 Agustus 2020


60menit.com, Indramayu - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengikuti Kirab Merah Putih di Kabupaten Karawang, Sabtu (15/8). Kirab digelar untuk mengenang Peristiwa Rengasdengklok pada 16 Agustus 1945, kala sejumlah pemudi menculik serta mendesak Soekarno dan Hatta untuk memproklamirkan kemerdekaan RI.

"Kalau ingat Karawang, kita juga ingat peristiwa di mana lahirnya negeri ini yang diakselerasi peristiwa di Rengasdengklok. Tanpa peristiwa itu, kemerdekaan mungkin tidak hadir di 17 Agustus 1945. Karena takdir-Nya, kita rebut momentum (kemerdekaan) oleh pemuda-pemuda," kata Ridwan.

Lewat Kirab Merah Putih, Ridwan menyampaikan tiga syarat menjadi negara hebat. Pertama, terkait pandemi, sektor ekonomi bangsa harus dijaga agar tidak resesi. Kedua, demokrasi yang damai. Ketiga, memiliki generasi kompetitif dan unggul dalam kecerdasan, akhlak, fisik, serta batin.

"Syarat kedua, demokrasi harus damai. Kita tidak boleh bertengkar dalam urusan memilih pemimpin. Jadi, saya titip agar Karawang dalam Pilkada ini betul-betul menjaga kondusivitas," ucap Ridwan, merujuk Pilkada Serentak di Karawang pada Desember mendatang.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan, gelaran Kirab Merah Putih di Karawang melibatkan 45 personil TNI/Polri dan sipil melalui delapan etape. Beberapa kegiatan dalam kirab yang dimulai sejak pukul 2 dini hari sampai 7 pagi tersebut salah satunya adalah pembagian 17 kg beras di sepanjang 20 km dari Rengasdengklok menuju Kantor Bupati Karawang.

Dalam kesempatan itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang juga memberi bantuan berupa pembangunan rumah layak huni kepada para veteran pejuang kemerdekaan RI.