Sektor 22 Citarum Harum Sub 2 Kembali Melakukan Pembersihan Sungai Cidurian di Kelurahan Padasuka
-->

Advertisement Adsense

Sektor 22 Citarum Harum Sub 2 Kembali Melakukan Pembersihan Sungai Cidurian di Kelurahan Padasuka

Kamis, 01 Juli 2021

Sektor 22 Citarum Harum

60MENIT.CO.ID, BANDUNG | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 2 melakukan pembersihan sungai guna mengantisipasi genangan air dan bencana banjir.

Pembersihan di lakukan di Sungai Cidurian Rw. 16 Keluraham Padasuka Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung. Kamis, 1/7/2021.

Dansub 2 Peltu Nursuhud mengatakan, selain pembersihan sungai yang dicemari sampah dan dilakukan pemerataan sedimentasi sungai Cidurian dengan tujuan menambah kapasitas daya tampung air, terlebih selama ini masih sering turun hujan dengan kapasitas sedang hingga deras.

"Karena hujan masih sering turun dan intensitasnya juga tinggi seperti beberapa hari belakangan ini, maka kita lakukan pemerataan sedimen dan sampah di sungai untuk memperlancar air". Katanya.

Menurut dia, pekerjaan ini sudah rutin dilakukan dan titiknya juga terus berpindah dari sungai ke sungai.

Pihaknya berharap masyarakat turut menjaga kebersihan lingkungan, terutama kebersihan sungai dan saluran air. Sebab, percuma pembersihan rutin dilakukan kalau masyarakat tidak tertib membuang sampah.

Ia menilai sampah yang dibuang ke sungai akan menyumbat dan tentu mengganggu aliran. Pemerataan sedimen memang memperlancar aliran, tetapi jika sampah yang menyumbat terlalu banyak, aliran juga tak akan lancar.

"Selain menyumbat, sampah di sungai itu juga mengganggu pemandangan, berpotensi jadi penyebaran penyakit, hingga banjir". Pungkasnya. ***