Edukasi Warga ke Arah Perbaikan Sikap, Dansub 14 Sektor 22 Maknai Pembersihan Sungai Cikapundung
-->

Advertisement Adsense

Edukasi Warga ke Arah Perbaikan Sikap, Dansub 14 Sektor 22 Maknai Pembersihan Sungai Cikapundung

60 MENIT
Minggu, 12 September 2021

60menit.co.id | Subsektor 14 Sektor 22 Satgas Citarum Harum membersihkan Sungai Cikapundung wilayah Kelurahan Kujangsari, Minggu (12/09/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Subsektor 14 Sektor 22 Satgas Citarum Harum membersihkan Sungai Cikapundung wilayah Kelurahan Kujangsari Rw 07 Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung, Minggu (12/09/2021).


Pada apel pagi Pelda Ujang Supriatna (Dansub 14/22) menyampaikan orasi penyemangatan anggota, bahwa satgas Citarum Harum dihadapkan dengan masalah yang majemuk bidang tata lingkungan. Namun semua ini tidak boleh dijadikan hambatan dalam bertugas.


"Walaupun kita menghadapi berbagai karakter masyarakat yang berhubungan dengan kemajuan dan perkembangan lingkungan ke lebih baik tentunya kita harus tegar, bahkan inilah tugas TNI sebagai manunggal rakyat," jelas Ujang. 


Maksud Pelda Ujang Supriatna bahwa satgas sudah siap menghadapai tantangan, justru jadi satgas Citarum Harum merupakan perjuangan yang nyata selain perang, yaitu dalam pembenahan lingkungan untuk menciptakan infra struktur bidang tata kelola sungai berikut Daerah Aliran Sungainya demi kemerdekaan warga yang lebih banyak. 



Untuk mewujudkan hal diatas satgas tidak main main dalam menjalankan tugasnya, yaitu langsung dipembersihan sungai, penertiban bangunan liar di bantaran sungai, penghijauan dan mengedukasi warga untuk mengalihkan prilaku buruk ke sikap peduli kebersihan lingkungan. 


Prilaku masyarakat untuk bersikap baik terhadap lingkungan, secara langsung interaksi dengan alam yaitu dalam tata kelola lingkungan yang bersih dan sehat.


"Hal ini sangat mudah dikatakan, namun pelaksanaanya terkadang mudah menyalahkan orang lain, maka sebaiknya kita mengawali dari kita sendiri yang bergerak sebagai komando kepada warga yang lainya untuk melakukan memelihara alam termasuk sungai," tegas Pelda Ujang. 


Aksi yang memuncak pada tujuan sungai bersih dan sehat, yang diawali dengan karya bakti pembersihan sungai, berlanjut ke penghijauan dan sosialisasi edukasi warga sebagai perbaikan sikap untuk peduli lingkungan hijau dan sehat berikut pelestarian alam hijau hutani sebagai penopang normalisasi alam yang sudah mulai rusak. 


(zho)