Ceceran Sampah di Sungai Cicadas, Dansub 09 Sektor 22 Peltu Ihwan : Cermin Fasilitas Tampungan Sampah Kurang
-->

Advertisement Adsense

Ceceran Sampah di Sungai Cicadas, Dansub 09 Sektor 22 Peltu Ihwan : Cermin Fasilitas Tampungan Sampah Kurang

60 MENIT
Sabtu, 15 Januari 2022

60menit.co.id | Satgas Sub 09 Sektor 22 membersihkan sampah di Sungai Cicadas. (Foto ; zho)


60MENIT.co.id, Bandung | Perawatan sungai bidang pembersihan aliran sungai, kini Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 09 melakukannya di Sungai Cicadas wilayah Kelurahan Cijawura Rw. 8, 10 dan di Rw. 11.


Dipimpin Peltu Ihwan selaku Dansub 09, pasukannya berhasil mengangkat sampah hingga 300 kg dari panjang pembersihan 300 M.


Kepada awak media Peltu Ihwan mengatakan, masih adanya ceceran sampah domestik di aliran sungai merupakan suatu kurangnya fasilitas penampungan sampah di pelosok wilayah.


"Ini kita pantau dari keadaan di lapangan, mereka para warga menempatkan sampah di sembarang tempat, ketika ada hujan sampah-sampah ini terbawa arus ke sungai," kata Ihwan.


Sampah domestik di aliran sungai masih mendominasi.


Hal serupa terjadi di beberapa tempat di Kota Bandung, kasus semacam ini sering terjadi di kawasan yang tidak memiliki akses roda sampah yang menjemput ke tiap rumah warga.


Sehingga warga membiarkan sampah di tempat yang sembarang apa adanya, yaitu tempat sampah yang tidak dominan paten ataupun aman atas gangguan sekecil apapun sampah tersebut bisa terbawa.


"Biasanya tempat sampah tidak kuat, sehingga isinya bisa diacak-acak binatang atau tertiup angin, apalagi jika hujan, ya menyebar kemana-mana jadinya," imbuh Ihwan  


Kendati demikian Satgas Citarum Harum Sektor 22 tetap semangat, baik bertindak sebagai perawatan sungai ataupun komunikasi sosial yang bisa menjamin pada perubahan sikap masyarakat untuk menuju ketekunan berpola hidup bersih.


Peltu Ihwan menambahkan, perubahan sikap dari masyarakat bisa kuat keberhasilannya, jika semua ini ada dukungan dan chemistry dari aparat pemerintahan wilayah, yaitu berbentuk ajakan, penggandengan, pantauan ataupun pengawasan penegasan sikap Pola Hidup Bersih dan Sehat kepada masyarakat. Terutama memfasilitasi penampungan sampah di setiap wilayah hasur disediakan.


(zho)