Untuk Menunjang Keindahan Kota, Satgas Sektor 22 Sub 03 Bersihkan Sungai Citepus
-->

Advertisement Adsense

Untuk Menunjang Keindahan Kota, Satgas Sektor 22 Sub 03 Bersihkan Sungai Citepus

60 MENIT
Senin, 13 Maret 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 03 sedang membersihkan Sungai Citepus kelurahan Arjuna  kecamatan Cicendo, Senin 13/03/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Rutinitas Satgas Citarum Harum Sektor 22 SubSektor 03, hari ini melakukan pembersihan Sungai Citepus wilayah Kelurahan Arjuna Kecamatan Cicendo, hingga 100 M panjang sungai dibersihkan dengan sampah yang terangkat sebanyak 0,120 M³. 


Hal di atas disampaikan oleh Dansub 03 Peltu Bayu Dwi Cahyadi. Ia menambahkan bahwa selama ini Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukan tugasnya untuk menciptakan indeks kebahagiaan masyarakat banyak.


"Kita bertugas menjalankan Perpres 15 Tahun 2018, sebagai landasan utama untuk menciptakan kembali sungai yang bersih dan sehat demi masyarakat banyak," kata Peltu Bayu Dc, Cicendo, Senin 13/03/2023. 


Kebersihan dinding sungai dari rumput liar pun diperhatikan.


Sungai Citepus merupakan salahsatu sungai yang besar di Kota Bandung setelah Sungai Cibeureum, Cikapundung dan Sungai Cidurian. Oleh karenanya Satgas Citarum Harum Sektor 22 sangat serius memantau kelayakannya. 


Geografis Kota menyuratkan bahwa setiap sungai merupakan nadi keindahan perkotaan yang harus dipelihara dengan baik supaya kompilasi geografis daerah tercukupi. 


"Jika perawatannya bagus maka sungai itu akan dipandang perlu bagi semua daerah, disitu banyak fungsi sungai yang bisa menunjang kebutuhan sebuah daerah termasuk Kota Bandung," imbuh Bayu. 


Keutuhan sungai Citepus sudah kurang.


Kebenaran peraturan Presiden nomor 15/2018 ini sudah melalui penelitian yang maksimal, maka peruntukan sungai yang bersih dan sehat itu harus diciptakan di setiap daerah, baik perkotaan maupun pedesaan. 


Manfaat sungai akan sangat dirasakan oleh masyarakat banyak jika kondisinya sudah bersih dan sehat, bahkan tujuan Program Citarum Harum akan tepat tercapai yaitu sungai merupakan kebutuhan penghidupan masyarakat banyak jika konsistensi masyarakat bisa bersama-sama untuk mewujudkannya. 


Untuk menciptakan itu semua, Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat secara door to door bertatap muka setiap hari menyampaikan pesan supaya mereka tidak membuang sampahnya ke sungai.


(zho)