SMAK BPPK BANDUNG DAN PASMAK JALIN SILAHTURAHMI DALAM MENGEMBANGKAN SEKOLAH KEDEPAN

Advertisement Adsense

SMAK BPPK BANDUNG DAN PASMAK JALIN SILAHTURAHMI DALAM MENGEMBANGKAN SEKOLAH KEDEPAN

Wak Puji
Kamis, 13 Februari 2020


60menit.com, Bandung - Pendidikan adalah salah satu hak setiap warga Negara yang penting untuk mengantarkan anak-anak bangsa menuju masa depan yang lebih baik. Indonesia mempunyai program wajib 12 tahun dalam pendidikan ditujukan agar semua anak bangsa minimal menjadi individu yang produktif dan tidak menambah tingkat pengangguran di Indonesia. Di Kota Bandung terdapat bermacam-macam sekolah mulai dari sekolah bertaraf nasional sampai internasional dengan pengelola negeri maupun swasta.

Setiap sekolah mempunyai karakteristik tersendiri dalam memberikan pendidikan kepada setiap siswanya. Walaupun ada ketetapan kurikulum yang diberikan dari dinas pendidikan namun dalam pembentukan karakteristik dan etika siswa , setiap sekolah mempunyai cara tersendiri yang di tujukan untuk character buiding setiap siswa. Sekolah mempunyai kebijakan-kebijakan tertentu terkait dengan tata tertib serta peraturan yang ada di sekolah sehingga membentuk budaya tersendiri pada setiap sekolah.

SMAK BPPK merupakan salah satu sekolah swasta yang ada di jalan kebon jati no 108 Kota Bandung. Tujuan SMAK BPPK adalah pendidikan itu sangat diperlukan dan sangat penting untuk generasi menyongsong masa depan.

Menurut Kepala Sekolah Lena Mardalena S.Pd melalui Wakasek Bidang Kesiswaan Tonni Kartiwa, ST, selama sekolah berdiri sejak 1971 SK Pendirian Sekolah : F.05/SR/IV/74 Tanggal SK Pendirian : 1974-07-01 SK Izin Operasional : 1121/I.02.4/R.82 Tanggal SK Izin Operasional : 1982-10-08, dengan luas tanah  2.984 m3 SMAK BPPK hanya mendapat bantuan dari pemerintah dalam bentuk dana BOS.

"Semenjak berdiri sekolah kita mendapat bantuan hanya dalam bentuk BOS, walapun tidak besar tapi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan KBM, yang selebihnya dari Yayasan BPPK," ungkapnya.

Alumni SMAK BPPK sedang bernostalgia di lapangan Olah Raga sekolah

Lulusan SMAK BPPK Bandung ini telah menelurkan alumni yang banyak sudah sukses di segala bidang baik itu pengusaha, pegawai profesi, dan lain-lain yang kesemua almuni tergabung dalam wadah yang namanya Perhimpunan Alumni SMAK BPPK (PASMAK) yang diketuai oleh ISKANDAR HAMZAH, S.Ip, yang pertemuannya aksis dengan berbagai kegiatan.

"Harapan kami dari pihak sekolah, semoga para alumni SMAK BPPK dapat membantu dan sumbangsihnya untuk sekolah dimana para alumni menimba ilmu, karena pada kesempatan ini harapan kami baik besar maupun kecil akan kami terima," tambah Fatoni.

Prestasi yang diperoleh oleh SMAK BPPK diantaranya pernah menjuarai seni theater se jabar banten dan olah raga lainnya, walaupun sarana dan prasarana yang masih jauh dari sempurna, dan selama ini tidak memutuskan harapan untuk kemajuan prestasi siswa.

Siswa yang menimba ilmu di SMAK BPPK tidak hanya dari Jawa Barat saja tetapi ada 9 orang siswa dari Provinsi Papua yang mengikuti program beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) seperti Keis Sakarias Kafiar kelas 11 IPS.

"Saya masuk SMAK BPPK ini dari program beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) yang tersebar di SMA-SMA di Kota Bandung, saya merasa betah dan merasa nyaman karena teman-teman di sekolah baik semua dan tidak memandang agama maupun suku, sehingga cita-cita saya kelak setelah lulus akan membaktikan di tanah papua dengan semua ilmu yang saya dapatkan," kata keis.

Rejeki Kombaran Hidayat ketua 1 Alumni PASMAK

Menurut pengurus PASMAK Rejeki Kombaran Hidayat alumni angkatan 81 sebagai ketua 1 berpendapat kami selaku alumni saat ditemui 60menit.com di salah satu caffe di kota bandung sangat tertantang untuk kemajuan sekolah SMAK BPPK.

"Kami sebagai alumni yang terhimpun dalam sebuah keluarga PASMAK, memang kami dalam program kerja kedepan akan mengumpulkan seluruh alumni dan rencana akan mengumpulkan dana buat membantu tempat sekolah kami, yah sejenis kadeudeuh buat sekolah," katanya.

"Rencana program kedepan PASMAK banyak sekali karena kami juga ingin menjalin kerjasama dengan sekolah, karena kami merasa memiliki sekolah dimana waktu itu tempat kami menimba ilmu, insyaallah akan kami perhatikan untuk kebutuhan sekolah dengan bersama-sama rekan-rekan alumni SMAK BPPK," pungkasnya. (Djie)