DKKG KABUPATEN GARUT KONSISTEN MENGEMBANGKAN SENI BUDAYA KABUPATEN GARUT

Advertisement Adsense

DKKG KABUPATEN GARUT KONSISTEN MENGEMBANGKAN SENI BUDAYA KABUPATEN GARUT

Wak Puji
Rabu, 11 Maret 2020


60menit.com, Garut - Ketua Dkkg Irwan Hendarsyah, SE, atau lebih dikenal dengan  kang J, One, di temui di kantor sekertariat jln A Yani Kp Suci , Desa Suci Kec Karangpawitan kabupten Garut, membenarkan Paguron Pencak Silat Putra Sinar Mulya, merupakan sebuah olah raga tradisional yang perlu di lestarikan, Rabu(11/03/2020).

Menurut J, One, ini semua mengacu terhadap peraturan pemerintah dan UU no 5 th 2016 tentang Pemajuan kebudayaan, yang harus di gali kembali supaya tidak hilang, seni budaya khas dareah dengan adanya era globalisasi, jelas J.One kepada 60menit.com.

Menurut Irwan hendarsyah,  program kerja DKKG, akan terus mengangkat semua seni dan budaya sebagai peninggalan leluhur orang tua kita, supaya tetap lestari keberadaanya.

" tim DKKG yang berada di setiap Kecamatan dan Desa selalu melaksankan gelaran seni budaya di lingkungan masing masing dan seminggu sekali di gelar di Acara CFD di jalan Ahmad Yani, "katanya.

Seni yang di tampilkan di CFD setiap hari minggu, seni tradisional dan  modern, berikut semua  pelaku kerajinan keterampilan serta hasil olahan masyarakat yang menjadi sentra oleh oleh khas garut  masih banyak yang belum di ketahui oleh pelaku usaha dan parawisatawan, ungkapnya.


Paguron Pencak Silat Putra Sinar Mulya, Pimpinan Abah Sumpena, dengan seketaris Yana Mulyana dan bendahara ibu Imas, bertempat di Kp Kostarea 2  Desa Mekar Luyu Kec Sukawening, sudah simendapatkan Legalias dari DKKG Kab Garut sebagai kekayaan budaya nusantara bidang olah raga tradisional yang perlu di lestarikan dan  di perhatikan," jelas j.one.

Dengan di berikanya Legalitas dari DKKG khususnya Padepokan Pencak Silat pimpinan Abah Sumpena diharapkan anggotanya bisa lebih berkembang dalam khasanah budaya serta lebih mampu meningkatkan keragaman gerak ataupun pembendaharaan dari unsur penunjang lainnya dan akan membawa nama baik daerah serta membuka para wisata. dalam hal ini saya mengucapkan terima kasih kepada pupuhu penggerak padepokan putra sinar mulya abah sumpena berserta jajaran pengurus.

"Saya selaku Ketua DKKG mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khusuanya Pak Camat dan kepala Desa  Mekar Luyu yang telah membina padepokannya, Juga kepada pupuhu PPSI sukaweing pa Ade Yasa yang telah membina dari awal, sehinga akan lebih berkembang dan berkesinambungan satu sama lainnya dan diharapkan pula bisa mendaptkan ekonomi lebih, dan sesuai harapan pemerintah garut makin bertaqwa maju dan sejahtera," kata j.one.


Dalam kesempatan itu pula tim DKKG bersama pelatih memberikan pelatihan pengenalan mengenai pembendaharaan gerak yang telah disesuaikan dengan konsep yang dipertandingjan baik seni ibing ataupun TGR, kami sengaja membawa tim pelatih untuk sedikit memberikan pengetahuan untuk persamaan dalam gerak yang dipertandingkan baik tingkat daerah national bahkan interntional dengan maksud dna tujuan semua padepokan lebih bisa berfrestasi imbuh j one, dalam kesempatan itu pula.

Pupuhu Padepokan Putra Sinar Mulya Abah Sumpen, menyambut baik dan mengucapkan Terimakasih kepada DKKG bersama tim yang telah mau membina serta mengapresiasi dengan melegalitasi padepokan yang dipimpinnya.

"Harapan kami, semoga DKKG beserta pemerintah disin Pemda Garut, lebih memperhatikan lagi semua seni budaya kearifan lokal yang berada di Kabupaten Garut" pungkas abah Sumpena. (Djie)