IWO Garut Dalam Rasa dan Karsa Organisasi Jurnalis

Advertisement Adsense

IWO Garut Dalam Rasa dan Karsa Organisasi Jurnalis

Wak Puji
Senin, 06 April 2020


60menit.com, Garut - Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Garut telah berlangsung dalam era dan waktu serta situasi yang berbeda. Di era zaman now dan situasi pasca reformasi yang bebas, tentu membutuhkan organisasi yang setidaknya memiliki visi dan misi yang menyesuaikan dengan kondisi terkini.

Kebutuhan berorganisasi adalah mutlak bagi semua orang. Termasuk bagi mereka yang memiliki profesi. Diantaranya, mereka yang berprofesi wartawan. Dibutuhkan organisasi yang menjamin rasa nyaman dan bisa menjadi rumah besar bagi insan kuli tinta ini. Hingga diharapkan tumbuh profesionalitas yang bisa mengangkat martabat para jurnalis media online.

Terutama di era zaman now yang lekat dengan digitalisasi dan tumbuhkembangnya konvergensi media. Apalagi tantangan bagi wartawan dan media massa saat ini semakin keras. Diperlukan sosok wartawan yang tangguh, profesional, kompeten dan sekaligus beretika untuk dapat memenangi ‘pertarungan’ tersebut. 


Kehadiran IWO bagi mereka yang menggeluti profesi wartawan ini tentu dapat memperkuat dan turut mengamankan mereka dalam menjalankan profesinya. Sudah barang tentu organisasi wartawan bisa menjadi mitra bagi media massa yang menaungi kerja jurnalis. Jurnalisnya nyaman menjalankan profesi, medianya maju dan bertahan di era yang penuh tantangan, dan organisasi IWO mampu memberikan kehangatan. Ditambah sinergisitas dengan berbagai stake holder yang tidak membiaskan kontrol sosial tentu akan memperkuat posisi pers sebagai pilar keempat dalam bernegara dan berdemokrasi.

Organisasi yang kuat adalah organisasi yang mandiri. Para anggota IWO Kabupaten Garut diaktifkan dalam kegiatan dan aktivitas selama ini. Meski tidak bisa full karena harus dilakukan di sela-sela tugas jurnalistik, paling tidak hasilnya bisa digunakan untuk membangun dan menolong warga yang membutuhkan seperti kegiatan bakti sosial terutama kegiatan bhakti sosial memberantas covid-19 di Kabupaten Garut.

Aktvitas organisasi IWO Kabupaten Garut akan lebih berdenyut dibawah sosok pemimpinnya yang mampu merangkul pengurus dan anggota untuk senantiasi aktif dan berinovasi serta mengembangkan kreativitas dan potensi yang ada di kalangan wartawan bisa dimanfaatkan secara optimal, dibawah kepemimpinan Roby Taufik Akbar (media pojokberita). 

Tak dapat dipungkiri, fungsi utama pers itu adalah melakukan kontrol sosial. Tetapi, sebagai organisasi wartawan, tentu tidaklah salah, kalau IWO Kabupaten Garut mampu membangun sinergisitas dengan berbagai stake holder. Terutama untuk menunjang eksistensi organisasi dan menumbuhkan kebersamaan dalam upaya membangun daerah dan negara. 

Keharmonisan keluarga IWO Kabupaten Garut memberikan pengaruh terhadap kerja, kinerja, dan suasana organisasi. Karenanya, dalam berbagai organisasi. Mengacu hal tersebut, setidaknya aktivitas Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten tentu menjadi bagian yang tak terlepaskan dari upaya membangun organisasi yang kuat.

Ingat sebuah pepatah sebatang lidi tatkala dia membersihkan kotoran akan bersih, tentu jawabannya pasti tidak, tapi kalau lidi-lidi kita ikat pasti seluruh kotoran akan bersih. Maka pengurus dan anggota IWO Kabupaten Garut akan selalu bersama-sama dalam menghadapi seluruh persoalan selalu akan kompak dan bersahaja. Ibarat satu sakit semua akan sakit. 
Sukses untuk IWO Kabupaten Garut!!!

"ANDA DIRUMAH SAJA, BIAR KAMI YANG CARI BERITA BUAT ANDA"

(Catatan Kecil Wak Puji )