6 Bulan Lebih Hadapi Pandemi, WHO Jelaskan Mengapa Corona Masih Belum Berakhir
-->

Advertisement Adsense

6 Bulan Lebih Hadapi Pandemi, WHO Jelaskan Mengapa Corona Masih Belum Berakhir

Wak Puji
Selasa, 09 Juni 2020


60menit.com, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak negara-negara untuk melanjutkan upaya penanganan virus Corona dengan ketat. Hal ini disampaikan WHO seiring dengan laporan lonjakan kasus Corona di beberapa negara.


"Lebih dari enam bulan menjadi pandemi, ini bukan saatnya bagi negara mana pun untuk mengambil langkah (melonggarkan upaya pencegahan)," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pada briefing online, dikutip dari Channel News Asia, Selasa (9/6/2020).


"Lebih dari 136.000 kasus baru dilaporkan di seluruh dunia pada hari Minggu, paling banyak dalam satu hari sejauh ini," jelas Tedros.


Hampir 75 persen laporan kasus Corona terbanyak dilaporkan dari 10 negara, sebagian besar di Amerika dan Asia Selatan. Maria van Kerkhove, seorang ahli epidemiologi WHO pun mengatakan pandemi Corona masih

 jauh dari kata selesai.

"Ini masih jauh dari selesai," kata van Kerkhove.


Menurut Van Kerkhove banyak negara yang melakukan pelacakan kontak telah mengidentifikasi kasus tanpa gejala tetapi tidak menangani kasus tersebut untuk diisolasi. Tidak sedikit yang menganggap bahwa mereka bukan menjadi penyebaran virus Corona lebih lanjut. (dtk/djie