TNI Siap Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru Di Tengah Pandemi Covid-19
-->

Advertisement Adsense

TNI Siap Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru Di Tengah Pandemi Covid-19

Wak Puji
Minggu, 14 Juni 2020


Para Kepala Staf TNI saat berolahraga bersama Jokowi. (Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)

60menit.com, Bogor - Para kepala staf TNI siap mendukung pemerintah dalam menerapkan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Para prajurit TNI di setiap daerah akan dikerahkan untuk mendisiplinkan warga agar mematuhi protokol kesehatan terkait COVID-19.

Dukungan itu disampaikan dalam keterangan pers Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo setelah berolahraga pagi bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/6/2020).

"Tentunya TNI Angkatan Laut akan tetap membantu percepatan penanganan COVID19 ini. Sekarang pada tahap untuk pendisiplinan masyarakat tentunya kita juga akan lebih giat lagi, terutama pasukan-pasukan yang di lapangan untuk membantu pemerintah daerah untuk mendisiplinkan masyarakat," kata Yudo dalam keterangan tertulis yang disampaikan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Pernyataan senada disampaikan Marsekal Fadjar Prasetyo. Selain pendisiplinan warga, kata Fadjar, TNI AU mengirimkan peralatan kesehatan ke seluruh daerah di Indonesia.

"Untuk TNI Angkatan Udara kami tetap siap untuk mendukung dan kami seperti contohnya kita melaksanakan pengiriman peralatan-peralatan kesehatan ke seluruh pelosok Tanah Air yang di mana ada pangkalan udara dan bandara. Kami juga tetap melaksanakan operasi-operasi udara karena tetap harus menjaga kedaulatan wilayah negara," ujar Fadjar.

Sementara itu, Jenderal Andika Perkasa menyampaikan ungkapan dukacita Jokowi atas wafatnya mantan KSAD Jenderal (Purn) Pramono Edhie Prabowo. Jokowi berpesan kepada TNI agar bisa meneladani capaian almarhum.

"Presiden secara spesifik menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya mantan Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Pramono Edhy Wibowo. Beliau benar-benar mengucapkan terima kasih atas semua jasa-jasa, juga mengucapkan harapan agar keluarga tetap kuat dan angkatan darat bisa meneladani apa yang bisa dicapai Pramono Edhy selama beliau menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat," ungkap Andika.