Forkompimda Jabar adakan Safari Kebinekaan di Kabupaten Karawang
-->

Advertisement Adsense

Forkompimda Jabar adakan Safari Kebinekaan di Kabupaten Karawang

Wak Puji
Minggu, 16 Agustus 2020


60menit.com, Karawang - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar melakukan Safari Kebinekaan ke enam rumah ibadah yang ada di Kabupaten Karawang, yakni Gereja Katolik Santo Marinus, Gereja HKBP Ressort, Pura Agung Sangga Bhuwana, Vihara Sanghamitta, Kelenteng Kwan Seng Tee Koen, dan Masjid Agung Syekh Quro.

Safari Kebinekaan itu digelar dalam rangka penguatan rasa persatuan bangsa serta toleransi antarumat beragama. Selain itu, peringatan HUT ke-75 RI dinilai sebagai momentum yang tepat untuk mewujudkan konsistensi bangsa dalam menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

"Kami sangat berbahagia karena ada pesan yang sangat baik. Arahan dari guru kita semua, Wantimpres Habib Luthfi bin Yahya untuk melakukan penguatan-penguatan kebangsaan melalui Silaturahmi Kebinekaan," ujar Ridwan.

Ia menambahkan, safari menyampaikan pesan bahwa semangat kemerdekaan harus dijaga lahir dan batin. Lebih lanjut Ridwan melontarkan apresiasi terhadap Pemda Karawang yang disebut telah memberi contoh menjaga toleransi umat beragama, sehingga bisa jadi etalase kebinekaan.

"Mudah-mudahan ini menjadi resonansi dan kegiatan safari ini terus berkeliling di Jawa Barat. Habib Luthfi sudah melakukan di Jawa Tengah, sehingga nanti seluruh Indonesia akan ada forum silaturahmi yang semakin banyak, mengakar sampai ke akar rumput," kata Ridwan.

Mengikuti rangkaian Kirab Merah Putih dan Safari Kebinekaan, penggagas Safari Kebinekaan yang juga Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) RI Maulana Al Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya berpesan agar bangsa ini bisa memperkuat persatuan. 

 "Dalam republik ini yang ikut andil dalam memerdekakan bukan satu kelomok atau perorangan. Bangkitkan nasionalisme, kami (Indonesia) negara merdeka, yang perjuangannya bukan seseorang, bukan satu kelompok, tapi kebangkitan secara nasional." Kata Maulana