Warga Desa Bojongsari Ikuti Pelatihan Pemilahan Sampah Agar Produktif
-->

Advertisement Adsense

Warga Desa Bojongsari Ikuti Pelatihan Pemilahan Sampah Agar Produktif

Wak Puji
Sabtu, 08 Agustus 2020


60menit.com, Bandung, - Sejumlah warga Desa Bojongsari Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten  Bandung mengikuti pelatihan pemilahan dan pemanfaatan sampah rumah tangga, Kegiatan ini merupakan bagian dari revive Citarum program yang didukung oleh GIF dan HSBC, juga melibatkan penggiat SACITA.


Berlangsung di 4 titik di wilayah Bojongsari, diataranya 
  1. Sabtu  8 Agustus 2020 di Kampung Leuwinutug RT 3/12 Desa Bojongsari ( Komunitas SBL)
  2. Minggu 9 Agustus 2020 di Kampung Cigebar Rt 02/20 Desa Bojongsari ( komunitas Pabeassan)
  3. Senin 10 Agustus 2020 di Kampung Cijeruk Rt 03/09 Desa Bojongsari (Komunitas Kurawa Alam)
  4. Selasa 11 Agustus 2020 di Kampung Cijeruk Rt 05/17 Desa Bojongsari (komunitas gerakan peduli sungai. Dari tanggal 8 agustus sampai dengan 11 agustus 2020.  

Materi yang di sampikan adalah Pengolahan Sampah Berbasis Komunitas, oleh Gus Kamajaya ( Instritut Gunung Wayang ) di antaranya materi Teknik Menghabiskan Sampah dari sumber, Membuat Mikro Organisme Pengurai Sampah,Pengomposan (Dekomposisi Sampah), Pupuk Cair Black Tea Kompos.


Dengan kegiatan ini Peserta dapat memahami teknik pengolahan Sampah. Pemilahan sampah dari rumah tangga, Peserta mampu Membuat pengurai sampah Organik secara mandiri. Peserta Mampu membuat Bokasi sampah dan pengomposan secara mandiri.
Peserta mampu membuat Pupuk Organik cair dari bahan sampah rumah tangga untuk pertanian Organik, yang kedepan nya bisa bersinergi dengan progam ketahanan pangan .

“Melalui pelatihan ini  di harapkan para Peserta Mampu Mengelola sampah secara mandiri,  sampai menjadi produk yang bisa di manfaatkan bagi lingkungan."   Tutur penggiat lingkungan SACITA, Dudi

" pelatihan ini merupakan progam lanjutan, dari pelatihan pelatihan sebelumnya, hingga saat ini lebih kepada pengolahan sampah yang  bisa menhasilkan kreatif ekonomi " lanjut Dudi 

Peserta pelatihan adalah para warga yang selain sudah menyerahkan sampahnya kepada kelompok komunitas, juga seluruh peserta yang hadir tidak lupa juga di terapkan standar protokol kesehatan aktivitas kebiasaan baru covid 19, cuci tangan, pakai masker, serta pake face shield .(Wy)