Satgas Sektor 22 Sub 04, Ingin Ada Jera Masyarakat di Pembersihan Sungai Cijantra
-->

Advertisement Adsense

Satgas Sektor 22 Sub 04, Ingin Ada Jera Masyarakat di Pembersihan Sungai Cijantra

60 MENIT
Sabtu, 09 Januari 2021

60menit.co.id | Satgas Sektor 22 Sub 04 membersihkan Sungai Ciregol, wilayah Kelurahan Cisureuh Kec. Regol, Sabtu (9/01/2021). 

60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 04, melakukan pembeesihan Sungai Cijantra di wilayah Kelurahan Ciseureuh Kecamatan Regol, Kota Bandung, Sabtu (9/01/2021).


Pembersihan yang meliputi sampah rumahan dan rumput liar yang menumbuhi sedimentasi, merupakan pemandangan sehari hari ditiap sungai.


Sertu Agus Tardiman, merupakan Dansub 04 sektor 22 membawa pasukannya dibantu Gober Kelurahan, ambisinya pada pembersihan ini supaya terlihat jelas oleh masyarakat bahwa satgas citarum harum siap berkampanye untuk memberikan contoh bahwa sungai harus bersih dan sehat.  


Menurutnya, sungai harus dijaga kebersihannya sehingga bisa terlihat pemandangan yang indah ditengah perkotaan. 


"Bahkan bila sungai tertata baik dan bersih, bisa menjadi destinasi wisata bagi masyarakat manapun dan bisa menumpahkan daya refreshing bagi penduduknya," jelas Agus.



Sampai saat ini terpantau bahwa sungai masih menjadi salahsatu pembuangan sampah, terbukti dengan adanya ceceran sampah di aliran sungai, bahkan dibagian sedimentasi ada serpihan sampah bangunan. 


Sertu Agus merasa sesal melihat ini, karena upaya untuk merubah prilaku yang tidak terpuji seperti ini sering dilakukannya kepada masyarakat melalui sosialisasi baik dipertemuan melalui aparat pemerintahan maupun dengan door to door. 


"Segala upaya sudah kami lakukan untuk mengedukasi perubahan sikap masyarakat bahkan pada giat operasi sungai, namun selama ini tidak pernah ada masyarakat yang kedapatan membuang sampahnya ke sungai," jelas Agus. 



Pada pembersihan Sungai Cijantra wilayah RW 06 Kelurahan Ciseureuh pembersihan sepanjang 75m dengan hasil sampah 200 kg, didominasi oleh sampah rumahan.


Artinya masih ada sampah rumahan yang masuk ke sungai disamping masih kurangnya penataan sungai supaya lebih menambah wibawa keindahannya, sehingga masyarakat enggan mengotorinya. 

(zho)