Bersihkan Anak Sungai Cidurian, Satgas Sektor 22 Sub 02 Melakukannya Dengan Gober
-->

Advertisement Adsense

Bersihkan Anak Sungai Cidurian, Satgas Sektor 22 Sub 02 Melakukannya Dengan Gober

60 MENIT
Sabtu, 20 Februari 2021

60menit.com | Bersihkan Anak Sungai Cidurian, Satgas Sektor 22 Sub 02 Melakukannya Dengan Gober, Sabtu (20/02/2021).


60MENIIT.co.id, Bandung | Pelda Nursuhud, Dansub 02 Sektor 22 Citarum Harum, bersama pasukannya membersihkan Anak Sungai Cidurian wilayah Rw 02 Kelurahan Neglasari Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung, Sabtu (20/02/2021).


Pada pembersihan ini satgas berhasil membersihkan sungai sepanjang 250 M dan sampah yang terangkat sebanyak 80 kg.


Menurut Pelda Nursuhud, sepanjang pembersihan sungai masih banyak ditemukan sedimentasi yang ditumbuhi rumput liar, sehingga pemandangan sungai menjadi rusak.


"Kami masih mendapati banyak sampah plastik, mungkin ini terbawa arus ketika hujan sehingga sampah sampah ini masuk ke sungai, dan ada juga yang nyangkut pada sedimentasi sungai," kata Nursuhud. 


Pembersihan dilakukan bersama tim gober kelurahan yang selalu bareng dalam aksi karyabakti baik didarat maupun di sungai, untuk mewujudkan kebersihan lingkungan. 


Perlunya pengangkatan sedimentasi menurut Nursuhud, namun situasi keterbatasan peralatan yang tidak memungkinkan, karena alat berat sulit untuk melintasi aksesnya. 



Pelda Nursuhud melanjutkan patroli sungai pasca karya bakti, yaitu di area wilayah kerjanya sub 02 sekalian memantau jaring sampah yang ada di beberpa titik sungai sebagai penyelia lajunya sampah ke wilayah hilir.


"Pada patroli sungai dalam keadaan kondusif. Kami hanya mengangkat sampah sampah yang tersendat di jaring sungai, itupun tidak banyak," imbuh Nursuhud. 


Komunikasi sosial kepada masyarakat terus dilakukan satgas, kali ini mereka menyampaikan pesan dikisaran warga bantaran sungai. Dengan mensosialisasikan isi perpres No 15 Tahun 2018, yaitu agar mereka tidak membuang sampah ke sungai.


(zho)