Sungai Cikapayang Kembali Dipadati Sampah, Ini Solusi Pelda Nursuhud Satgas Sub 02-22
-->

Advertisement Adsense

Sungai Cikapayang Kembali Dipadati Sampah, Ini Solusi Pelda Nursuhud Satgas Sub 02-22

60 MENIT
Jumat, 19 Maret 2021

60menit.com | Satgas Citarum Harum Sektor 22, melakukan pembersihan di Sungai Cikapayang Kelurahan Cigadung Jumat (19/03).

60MENIT.co.id, Bandung | Saluran Sungai Cikapayang wilayah Kelurahan Cigadung Kecamatan Cibeunying kaler dibersihkan Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 02 bersama team gober kelurahan, Jumat (19/03/2021)


Pelda Nursuhud (Dansub 02-22) pada pembersihan sungai ini terkesan prihatin menghadapi mental warga yang masih ada membuang sampah diluar tempatnya, bahkan sosialisasi tertib sampah oleh satgas sering dilakukan.


"Secara door to door kami tiap hari beroparasi dan melakukan sosialisasi kepada warga, terutama bagi mereka penghuni bantaran, namun sampai saat ini masih ada saja warga yang tidak mengerti, saya prihatin jadinya," kata Nursuhud. 


Sepanjang 250 M terangakat sampah sebanyak 90 Kg, masih jumlah yang banyak pada kondisi seperti ini saat masif masifnya pemerintah menjalankan program Kang Pisman. 


Hal ini bisa terjadi, menurut Pelda Nursuhud bahwa lokasi padat penduduk ini dihubungkan dengan gang yang sempit sehingga roda penarik sampah ke tiap Rt terputus tidak bisa masuk ke pelosok tempat sampah dikimpulkan oleh warga. 


"Yang jelas masih butuh lahan untuk tempat penampung sampah sementara di tiap Rt nya, supaya roda penarik sampah (Tri Seda) dari Rw bisa mengambilnya," ujar Nursuhud. 


Sebagai upaya untuk lebih memastikan kembali kepada warga, bahwa perlu tertib dalam mengelola sampah, Satgas Citarum Harum sektor 22 melakukan Komunikasi Sosial.


"Yaitu kami mensosilasisasikan larangan bagi siapapun orangnya membuang sampah ke sungai, dan akan kena sanksi bagi pelanggar," imbuh Nursuhud. 


Patroli sungai-sungai di wilayah serta patroli jaring sungai tiap sore dilakukan satgas, hal ini merupakan kontrol keadaan sungai, sehingga akan dijadikan target karya bakti berikutnya.  


(zho)