Antisipasi Pencemaran Limbah Industri, Dansubsektor 06 Sektor 22 Intensifkan Patroli Sungai
-->

Advertisement Adsense

Antisipasi Pencemaran Limbah Industri, Dansubsektor 06 Sektor 22 Intensifkan Patroli Sungai

60 MENIT
Minggu, 16 Mei 2021

60menit.co.id  Peltu Mulyanto, Satgas sektor 22 sub 06 Citarum Harum, ketika melakukan Patroli Sungai, Minggu (16/05/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Upaya cegah adanya limbah kimia (industri) Peltu Aris Santoso, Dansub 06 sektor 22 Citarum Harum rutin melakukan patroli sungai, Minggu (16/05/2021).


Patroli sungai merupakan barometer perkembangan pemajuan karakter masyarakat terhadap memerlakukan sungai dan lingkungan, sebagai lahan yang sangat dibutuhkan bagi orang banyak. 


Meski masih suasana Lebaran, tidak membuat Satgas Citarum Harum Sektor 22 lengah dalam mencegah dan mengantisipasi adanya potensi pencemaran sungai dari limbah industri yang dibuang dari perusahaan yang masih membandel.


Hal diatas diungkapkan oleh Dansub 06 sektor 22, Aris Santoso ketika ditemui awak media pasca melakukan patroli sungai. 


Ia menjelaskan, sesuai dengan perintah Dansektor 22 kami melaksanakan kegiatan patroli ini sebagai langkah cegah dini dan antisipasi dini. 


"Kami tidak mau kecolongan meskipun suasana masih lebaran dan pabrik ataupun perusahaan masih libur," tegas Aris. 


Seperti yang pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya, ditemukan adanya pabrik atau perusahaan yang membuang limbah ke sungai di hari-hari tertentu (hari raya, libur nasional dan pada saat hujan sangat deras), tentunya ini akan berdampak pada lingkungan dan mengganggu kenyamanan serta keamanan warga. 


"Alhamdulillah, beberapa hari kami lakukan patroli ini kondisi sungai aman, tidak berwarna dan tidak berbau. Semoga kondisi ini menjadi hal positif dan budaya di kalangan para pelaku usaha," imbuh Aris. 


Dengan segala keterbatasan personil Satgas Citarum Harum Sektor 22, partisipasi masyarakatpun kini cukup meningkat dengan memberikan informasi dan solusi apabila ada pencemaran limbah di sungai.


(zho)