Hindari Pencemaran, Dansub 05 Sektor 22 Berinovasi Botol Plastik Jadi Rumah Bakteri
-->

Advertisement Adsense

Hindari Pencemaran, Dansub 05 Sektor 22 Berinovasi Botol Plastik Jadi Rumah Bakteri

60 MENIT
Minggu, 16 Mei 2021

60menit.co.id Hindari Pencemaran, Dansub 05 Sektor 22 Berinovasi Botol Plastik Jadi Rumah Bakteri, Minggu (16/05/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Mencegah berlimpahnya limbah di sungai, Satgas Sektor 22 Dansub 05 (Peltu Seno) manfaatkan limbah botol plastik menjadi filter pada ipal tinja, Minggu (16/05/2021).


Hal ini terinovasi karena bahayanya bakteri ekoli yang kini mencari tiap sungai di Kota Bandung, disebabkan karena banyaknya warga yang mebuang tinjanya langsung ke sungai.


Seno menuturkan, sampah menjadi permasalahan yang sukar diatasi sejak dulunya. Mulai dari cara memindahkan sumber sampah ke tempat pemrosesan akhir sampai pembatasan timbulan sampah, daur ulang dam pemanfaatan kembali sampah. 


"Hal itu tidak lain dikarenakan pertumbuhan penduduk yang meningkat sedangkan sarana dan prasarananya terbatas sehingga solusi cenderung berjalan lambat," ucap Seno. 


Menurutnya paling utama untuk menyelesaikan permasalahan sampah ini adalah perlunya meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengurangan sampah serta penanganan secara konvensional kumpul angkut buang dan memanfaatkan sampah menjadi barokah. 



Ia pun menjelaskan, botol plastik bekas yang selama ini menjadi sampah dan limbah justru bisa dimanfaatkan sebagai filter Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang lebih ekonomis. 


"Botol plastik bekas sejatinya sulit terurai kita buat menjadi Rumah Bakteri untuk membantu memecahkan masalah lingkungan yang terkait dengan pengolahan air limbah," tegas Seno. 


"Kita kembangkan botol plastik ini bisa untuk mengembangkan bakteri yang ada di dalam tangki septic tersebut. Selain itu, kami melakukan hal ini sebagai ajang pelatihan bagi masyarakat dalam melaksanakan berbagai metode pengelolaan sampah dan tentunya merubah sampah menjadi barokah," masih kata Seno. 


(zho)