Pembangunan Ipal Komunal Pasir Jati, Diapresiasi Dansektor 22 Citarum Harum
-->

Advertisement Adsense

Pembangunan Ipal Komunal Pasir Jati, Diapresiasi Dansektor 22 Citarum Harum

60 MENIT
Senin, 03 Mei 2021

60menit.co.id Kol. Inf. Eppy Gustiawan, Dansektor 22 Citarum Harum meninjau lokasi pembangunan Ipal Komunal di Kel. Pasir Jati Kec. Ujungberung.


60MENIT.co.id, Bandung | Dansektor 22 Citarum Harum (Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P.,) didampingi unsur kewilayahan meninjau lokasi pembangunan Ipal Komunal di Kelurahan Pasir Jati Kecamatan Ujungberung, Senin (3/05/2021).


Di hari pertama pembangunan Ipal tersebut, para pekerja yang tergabung dari beberapa warga dengan antusias melaksanakan pembersihan area rencana titik Ipal. 


Dansektor 22 menyampaikan, Akses Sanitasi di Kel. Pasirjati sudah di atas 73 % artinya dengan adanya pembangunan Ipal ini angka tersebut akan meningkat drastis karena ada 95 KK penerima manfaat yang terhubung pada saluran rumahnya. 


"Kondisi ini perlu disyukuri, karena Kel. Pasirjati merupakan salah satu dari 74 Kelurahan yang harus ODF 100% di bulan Mei 2021, Alhamdulillah dengan adanya pembangunan Ipal program Citarum Harum dapat membantu serta menuntaskan permasalahan yang sukar diselesaikan selama ini," kata Eppy. 


Selain itu Kolonel Inf Eppy Gustiawan S.I.P menuturkan, pembangunan Ipal ini bertujuan untuk memutus KK yang masih Buang Air Besar Sembarangan. Masyarakat masih belum paham adanya masalah besar pada tinja.


Dampak dari masalah tersebut dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak atau yang biasa disebut Stunting juga berdampak pada perkembangan otak, fisik, rentan penyakit serta sulit berprestasi. 


"Harapan saya selaku Dansektor tentunya setelah Ipal ini selesai, masyarakat sekitar harus bisa merawat serta memelihara agar fungsi Ipal dapat dirasakan dalam jangka waktu yang cukup lama," katanya. 



Untuk kedepan, masyarakat pun harus mampu berpedoman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta paham akan 5 Pilar STBM, yaitu:

1. Tidak BABS (Buang Air Besar Sembarangan)

2. Mencuci Tangan Pakai Sabun

3. Mengelola Air Minum dan Makanan yg Aman

4. Mengelola Samphh dgn Benar

5. Mengelola Limbah Cair Rumah Tangga dgn Aman.


Sejatinya pola PHBS dan 5 Pilar STBM diaplikasikan dikehidupan sehari-hari pastinya kesehatan akan selalu terjaga di badan kita maupun lingkungan sekitar.


(Agung)