Sukseskan ODF Kota Bandung, Dansektor 22 Sosialisasikan PHBS
-->

Advertisement Adsense

Sukseskan ODF Kota Bandung, Dansektor 22 Sosialisasikan PHBS

60 MENIT
Sabtu, 08 Mei 2021

60menit.com Dansektor 22, Kol. Inf. Eppy Gustiawan kampanye PHBS dan peninjauan Pembangunan IPAL Komunal di wilayah Rt. 4 Rw. 4 Kelurahan Cisaranten, Jumat (7/05/2021)


60MENIT.co.id, Bandung | Dansektor 22 Kol. Inf. Eppy Gustiawan kampanye PHBS dan peninjauan Pembangunan IPAL Komunal di wilayah Rt. 4 Rw. 4 Kelurahan Cisaranten Wetan Kec. Cinambo Kota Bandung. Jum'at (7/5/2021).  


Dalam kampanye Dansektor 22 menyampaikan, bahwa Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat. Secara umum, gerakan PHBS meliputi berbagai langkah untuk membiasakan diri dalam menjalani perilaku hidup sehat.


"Seperti kita ketahui, menerapkan PHBS di kehidupan sehari hari merupakan suatu hal yang sangat penting guna menciptakan kehidupan bersih, Sehat nyaman dan berkualitas". Katanya.


Ia juga meminta kepada masyarakat untuk mempedomani PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) serta paham akan 5 Pilar STBM dengan Tidak BABS (Buang Air Besar Sembarangan), Mencuci Tangan Pakai Sabun, Mengelola Air Minum dan Makanan yg Aman, Mengelola Sampah dengan Benar, Mengelola Limbah Cair Rumah Tangga dengan Aman.



“Apabila pola PHBS dan 5 Pilar STBM diaplikasikan dikehidupan sehari-hari pastinya kesehatan akan selalu terjaga di badan kita maupun lingkungan sekitar”. Katanya.



Kemudian pada kesempatan tersebut, Dansektor 22 didampingi unsur Kewilayahan meninjau langsung lokasi pembangunan Ipal Komunal. 


Menurutnya, Ipal tersebut berkhusus pada Sanitasi bagi warga yang belum memiliki akses saluran pembuangan air limbah.


"Kegiatan ini dilaksanakan guna mempertegas dan merubah pola hidup khususnya para penerima manfaat yang selanjutnya akan mempergunakan sarana dan prasarana sanitasi". Katanya.


Eppy menyampaikan, Kita harus syukuri dengan adanya IPAl ini, Wilayah Cisaranten Wetan harus mencapai ODF 100% di bula mei ini.


"Alhamdulillah dengan adanya pembangunan Ipal program Citarum Harum dapat membantu serta menuntaskan permasalahan yang sukar diselesaikan selama ini". Ucap Eppy.


Setelah Ipal jadi, Dansektor berharap, masyarakat sekitar harus bisa merawat serta memelihara agar fungsi Ipal dapat dirasakan dalam jangka waktu yang cukup lama.


(M. Warman)