Konsisten Pada Kelayakan Sungai, Satgas Sektor 22 Sub 13 Lakukan Pembersihan Anak Sungai Citepus
-->

Advertisement Adsense

Konsisten Pada Kelayakan Sungai, Satgas Sektor 22 Sub 13 Lakukan Pembersihan Anak Sungai Citepus

60 MENIT
Sabtu, 12 Juni 2021

60menit.co.id Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 13, pembersihan anak sungai citepus di RW 02 kelurahan Mekarwangi, Sabtu (12/06/2021).


60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 13 rutin bergarak pada pembersihan sungai dan anak sungai berikut normalisasi. Hari ini di anak Sungai Citepus di RW 02 kelurahan Mekarwangi, Bojongloa kidul, Sabtu (12/06/2021).


Satgas citarum harum diwilayah perbatasan lebih banyak membuka kembali saluran yang tertutup oleh sedimentasi, terlihat di muka sungai seperti tidak ada sungai. 


Sertu Dwi Bhakti (Dansub 13 sektor 22) mengatakan, pelaksanaan karya bakti pembersihan di Anak Sungai Citepus Kelurahan Mekarwangi, walau keberadaannya di tengah kota namun di apit oleh kanan kiri lahan kosong. 


"Keberadaan sungai tidak kondusif, yaitu layaknya tanah tegalan yang tidak terawat, bahkan sedimen itu ditumbuhi rumput liar yang tebal,"  kata Dwi. 


Secara bertahap satgas bergerak melakukan penertiban pembersihan sungai bahkan berikut normalisasi dengan peralatan seadanya. 


Satgas mengalami kendala di lapangan jika melakukan normalisasi sungai seutuhnya, maka hasil maksimal sesuai dengan peralatan yang ada. 


"Jika normalisasi sungai seutuhnya kami tidak sanggup, hanya dengan mengangkat sedimentasi sebagian kecil dan membersihkan rumput liar dan air bisa mengalir, itu yang bisa kami lakukan," kata Dwi. 



Pengawalan normalisasi sungai menuju bersih dan sehatnya sungai, satgas sudah berupaya dengan maksimal, untuk mencapai kesempurnaan ini bergantung pada pemerintah sebagai pemilik kewilayahan. 


Koordinasi dan kolaborasi ini sudah berjalan dengan lancar. Satgas Citarum Harum sektor 22 konsisten pada pengawalan eksekusi di setiap sungai, untuk mewujudkan Ruh dari Perpres No. 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Keeusakan Daerah Aliran Sungai. 


(zho).