Sektor 22 Citarum Harum Sub 09 Karya Bakti Pembersihan Sungai Cicadas
-->

Advertisement Adsense

Sektor 22 Citarum Harum Sub 09 Karya Bakti Pembersihan Sungai Cicadas

Jumat, 02 Juli 2021

Sektor 22 citarum harum

60MENIT.CO.ID, BANDUNG | Hingga kini masih terkesan masyarakat di yang berdomisili di sepanjang aliran sungai, masuh ada yang tak peduli dengan sampah. Bahkan, terkesan juga masyarakat mengganggap sungai sebagai tempat membuang sampah. Padahal sungai berfungsi sebagai tempat hidup dan berkembang biaknya ikan dan satwa lainnya.

Menurut Dansub 9 Sektor 22 Ciatrum Harum Peltu Ikhwan, secara ilmiah, sungai tak hanya tempat hidup dan berkembangnya ikan, tetapi juga sebagai tempat mengalirkan air dari hulu ke hilir.

"Dampaknya, jika sungai penuh dengan sampah, jelas akan terjadi pendangkalan. Akibat lainnya, sungai akan meluap dan terjadilah banjir jika hujan turun". Tutur Ikhwan kepada Wartawan di sela sela kegiatan Karya Bakti (Karbak) di Sungai Cicadas Rw 11 dan 12 Kelurahan Cijawura Kecamatan Buah Batu Kota Bandung. Jumat, 2/7/2021.

Selanjutnya, Ikhwan menjelaskan, Sebenarnya masih banyak fungsi sungai yang bisa kita temukan. Namun kita tentu tidak akan lagi merasakan fungsi sungai lagi, jika kita tidak melakukan upaya penyelamatan sungai yang bebas dari sampah.

"Caranya tentu harus ada suatu gerakan masyarakat yang peduli dengan kebersihan sungai, sehingga semua sungai yang ada bebas sampah". Jelas Ikhwan.

Ikhwan mengajak kepada masyarakat untuk di mulai dari diri sendiri. Maksudnya, setiap masyarakat khusunya yang berdomisili di pinggir sungai, agar membiasakan tidak membuang sampah ke sungai dan sungai harus bebas dari sampah.

"Menghimbau dan mengajak semua eleman masyarakat yang khususnya berdomisili di sepanjang sungai untuk tidak membuang sampah ke sungai. Tujuannya, agar persoalan sampah yang mengotori sungai menjadi tanggungjawab masyarakat". Pungkasnya. **