Terapan Edukasi Pengelolaan Sampah, Satgas Sektor 22 Sub 13 Bersitkan di Sungai Citepus
-->

Advertisement Adsense

Terapan Edukasi Pengelolaan Sampah, Satgas Sektor 22 Sub 13 Bersitkan di Sungai Citepus

60 MENIT
Jumat, 16 Juli 2021

60menit.co.id pembersihan sungai Citepus di Rw 06 kelurahan Mekarwangi Kecamatan Bojongloa kidul. Oleh satgas Sub 13 sektor 22, Jumat (16/07/2021).


60MENIT.co.id, Bandung | Satgas sub 13 sektor 22 Citarum Harum melakukan pembersihan Sungai Citepus di Rw 06 Kelurahan Mekarwangi Kecamatan Bojongloa Kidul, Jumat (16/07/2021)


Keseriusan pemeliharaan sungai oleh satgas sektor 22 Citarum Harum terlihat pada sebelum pelalsanaan dilakukan Apel Pagi, sebagai suport dan informasi semangat melaksanakan tugas. 


Peltu Dwi Bhakti, selaku Dansub 13 sektor 22 mengatakan, Apel Pagi merupakan kesemangatan TNI pada segala kegiatan.


"Untuk giat pemeliharaan sungai yang setiap hari kita lakukan adalah sudah menjadi marwah bagi kami, sehingga terhimpun semangat yang tinggi pada kinerja yang dilakukan," kata Dwi Bhakti. 


Pembersihan Sungai Citepus di Rw 06 kelurahan Mekarwangi Kecamatan Bojongloa kidul, banyaknya sampah domestik dan ceceran sedimentasi yang didapat. 

Banyaknya sampah di sungai ini, satgas menyimpulkan bahwa hal ini disebankan oleh keadaan kota yang dipadati pedagang segala macam barang dan makanan. 

"Dimungkinkan plastik bekas jajanan atau bekas bungkus pembelanjaan yang dibuang sembarangan, kemudian terbawa angin apalagi jika hujan tiba dan terbawa arus ke sungai," imbuh Dwi. 

Solusi ini perlu ada penyelesaian supaya masyarakat bisa bekerja sama dengan Pemerintah agar masalah sampah bisa diselesaikan di tempat awal sumber sampah.

Beberpa hal sudah dilakukan satgas sektor 22, diantaranya adalah sosilaisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat juga cara pengelolaan sampah yang benar. 

Materi ini satgas bekerjasama dengan aparat kewilayahan, yaitu disampaikan kepada setiap kelurahan dan kecamatan.

Efektifitas cara sosialisasi ini sudah teruji, karena disetiap kelurahan dihadirkan aparat ketua Rt dan Ketua Rw nya dilengkapi oleh para tokoh warga setempat. 

"Artinya pola dan cara pengelolaan sampah yang benar sudah disampaikan oleh satgas sektor 22 kepada warga terkait, hanya tinggal pelaksanaannya saja oleh warga," jelas Dwi. 

Untuk ini satgas sektor 22 Citarum Harum masif berkolaborasi dengan aparat pemerintah baik di kewilayahan maupun tingkat pemerintah daerah. 


(zho)