Maknai HUTRI, Satgas Sektor 22 Sub 16 Tetap Bekerja Keras
-->

Advertisement Adsense

Maknai HUTRI, Satgas Sektor 22 Sub 16 Tetap Bekerja Keras

60 MENIT
Selasa, 17 Agustus 2021

60menit.co.id | Pengolahan kompos oleh satgas Citarum Harum sektor 22 sub 16 di Kecamatan Lembang KBB, Selasa (17/08/2021).

60MENIT.co.id, Bandung Barat | Isi hari Kemerdekaan NKRI ke-76, satgas Citarum Harum sektor 22 sub 16 rutin melakukan pengomposan dan pembersihan Sungai Cedok wilayah Rw. 02 Desa Cikidang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.


Desela kedua kegiatan diatas, satgas sub 16 yang dipimpin oleh Serma Epi Nana Rukmana melakukan pula sosialisasi kepada warga bantaran sungai wilayah Desa Cikidang, Selasa (17/08/2021).


Serma Epi Nana mengatakan, pasca melihat upacara HUT RI ke-76 via zoom kami melakukan tugas inti yang diemban, yaitu melakukan perawatan sungai juga rutinitas pengolahan kompos. 


"Jelas wajib bagi kami dalam tugas pemeliharaan sungai, karena aksi ini hasilnya sangat dinantikan oleh warga. Untuk itu demi kesadaran mereka kami berlanjut ke sosialisasi tentang pentingnya kebersihan sungai dan lingkungan," kata Serma Epi.


Ditempat yang berbeda yaitu di Kp. Pasirwangi Desa Kahuripan satgas bersambung kegiatannya, yaitu melakikan pengelolaan Kompos dari kotoran sapi. 


Menurut Serma Epi Nana Rukmana pada pembuatan kompos ini salahsatu upaya untuk mengurangi pencemaran sungai dari kotoran hewan.


Berdasar pada alirannya kotoran sapi dari Kecamatan Lembang ini sebagai penyebab pencemaran tingkat tinggi di Sungai Cibeureum dan Sungai Cikapundung.


Pada upaya dari satgas sektor 22 selain konfirmasi dan diskusi dengan pemerintah daerah, juga pengajuan penyelesaian pencemaran ke tingkat Kementrian.


"Selama progres pengajuan untuk menyelesaikan masalah, kami akan terus melakukan pengolahan kompos dengan harapan tingkat pencemaran bisa berkurang, apalagi jika warga peternak bisa melakukan hal yang sama," tutup Epi Nana. 


(zho)