Serma Epi Nana, Satgas Sektor 22 Sub 16 Tidak Tinggalkan Kompos Walau Harus Bersihkan Sungai
-->

Advertisement Adsense

Serma Epi Nana, Satgas Sektor 22 Sub 16 Tidak Tinggalkan Kompos Walau Harus Bersihkan Sungai

60 MENIT
Kamis, 26 Agustus 2021

60menit.co.id | Satgas sub 16 sektor 22 Citarum Harum melakukan pembersihan Sungai Legok Nangka di RW. 15 Desa Sukajaya Kecamatan Lembang. Kamis (26/08/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Satgas sub 16 sektor 22 Citarum Harum melakukan pembersihan Sungai Legok Nangka di RW. 15 Desa Sukajaya Kecamatan Lembang. Selanjang 250 M dengan hasil sampah (+-) 150 kg. Yang dipimpin oleh Serma Epi Nana Rukmana, Kamis (26/08/2021).


Pembersihan sungai meliputi perapihan dinding sungai dan rumput liar sebagai bentuk dari perawatan sungai yang selama ini kurang apresiaai dari pihak manapun kini dengan hadirnya satgas citarum harum mulai gencar dalam perawatan Daerah Aliran Sungai supaya kuat dan kokoh.


"Perawatan sungai oleh kami meliputi pembersihan sungai dari berbagai limbah dan rumput liar, untuk berkembang lebih jauh lagi ini kewenangan dari pemerintah yang memiliki anggaran khusus," kata Serma Epi.


Upaya mengurangi limbah yang mencemari sungai, satags sub 16 sektor 22 sudah masif dalam pengelolaan kompos kotoran hewan, yang selama ini dikembangkan untuk warga peternak sapi. 



Perkembangan yang dienduskan oleh satgas hingga tembus ke tingkat kementrian dalam hal supaya pemerintah pusat turut melakukan tindakan atas usungan satgas sektor 22 yang telah ditemukan solusi untuk menghentikan pencemaran sungai dari kotoran hewan. 


"Berbagai upaya telah dilakukan satgas untuk menuai solusi pencemaran kotoran hewan, untuk sementara kami terus megolah kompos dan mengedukasi warga supaya bisa mengurangi pencemaran sungai oleh kotoran hewan," ujar Epi Nana. 


Sosialisasi kepada warga supaya tidak mebuang Sampahnya ke sungai, satgas sub 16 setiap hari melakukannya dengan cara door to door, hal ini sebagai edukasi dalam perubahan kebiasaan yang sudah melekat sejak dulu. 


(zho)