Dansub 12 Sektor 22, Peltu Ade Sukmana Bawa Pasukannya Membersihkan Sungai Cikapundung
-->

Advertisement Adsense

Dansub 12 Sektor 22, Peltu Ade Sukmana Bawa Pasukannya Membersihkan Sungai Cikapundung

60 MENIT
Sabtu, 18 September 2021

60menit.co.id | Dansub 12 Sektor 22, Peltu Ade Sukmana Bawa Pasukannya Membersihkan Sungai Cikapundung di Kel. Tamansari, Sabtu (18/09/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum sub 12 Sektor 22 kembali membersihkan Sungai Cikapundung di wilayah Kelurahan Tamansari Bandung Wetan, Sabtu (18/09/2021).


Giat pisik ini Dansub 12, Peltu Ade Sukmana membawa pasukannya di Rw 06, di tempat ini menurut survay yang dilakukan kemaren sore sudah layak di lakukan pembersihan kembali.


"Tepat di tumpukan batu yang sengaja kami bikin sekatan sungai, sampah ini tertahan hingga banyak dan menumpuk. Jika dibiarkan takut terbawa arus ke lebih jauh lagi," kata Ade Sukmana. 


Strategi ini layaknya bendungan kecil guna menahan kikisan sedimentasi juga sampah domestik bisa tersangkut untuk memudahkan pembersihan sungai dari sampah domestik. 


Peltu Ade Sukmana menambahkan bahwa di wilayah lainya telah dipasang jaring sampah, setiap hari satgas melakukan pengontrololan supaya tidak terlalu banyak menahan sampah.


"Jika dibiarkan sampah ini bisa menjebol jaringnya, bahkan bisa menghambat aliran sungai dan jadi penyebab banjir," singkat Ade. 


Sungai Cikapundung Pasca Dibersihkan.

Peltu Ade Sukmana tidak berhenti di situ, yaitu mengarahkan anggotanya untuk membagi tugas melakukan patroli sungai dan sosialisasi kepada maayarakat yang dinilai memproduksi sampah berlebihan. 


"Kami melakukan sosiakisasi kepada warga supaya tidak membuang sampah sembarangan dan mensosialisasikan program Citarum Harum kepada Bapak Anshor pemilik warung di Kelurahan Merdeka," imbuh Ade Sukmana. 


Pada pembersihan di lokasi ini, satgas berhasil membersihkan Sungai Cikapundung sepanjang 200 M sampah ditampung di TPS Kelurahan.


(zho)