Mubes IV PMTI Digelar 2-3 Oktober, Jenderal Silvanus Lumbaa Menguat Jadi Ketua Umum
-->

Advertisement Adsense

Mubes IV PMTI Digelar 2-3 Oktober, Jenderal Silvanus Lumbaa Menguat Jadi Ketua Umum

60 MENIT
Kamis, 30 September 2021

60menit.co.id | Edy Daniel Tondok.


60MENIT.co.id, Makassar | Musyawarah Besar PMTI (Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia) siap digelar 2-3 Oktober 2021. Mubes IV PMTI yang berlangsung selama dua hari ini akan dilaksanakan secara Hybrid yakni perpaduan Onsite dan Online. Sebagian peserta ada di lokasi hotel dan sebagian lagi ikut melalui Online Zoom dari rumah atau dari daerah masing-masing. 


Untuk Onsite mengambil tempat di Hotel Bidakara, Pancoran Jakarta, tepatnya di Ruang Pertemuan Bina Karna. Mubes ini juga dapat disaksikan melalui tayangan YouTube. Link YouTube akan disampaikan menyusul. Para peserta terdiri dari Pengurus Organisasi Masyarakat Toraja, Pengurus Organisasi Pemuda dan Mahasiswa Toraja, Sesepuh dan Tokoh Masyarakat Toraja.


Namun yang menarik, menjelang Mubes, muncul sejumlah nama yang dianggap mampu memimpin PMTI mendatang. Seperti untuk posisi Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal. Dari nama yang ada  terdapat sejumlah jenderal baik dari TNI maupun Polri. Ada yang sudah purna bakti, ada pula yang masih aktif. Seperti Mayjen TNI Yulius Silvanus Lumbaa dan Mayjen TNI (Purn.) Andarias Pongbija. Juga Komjen Pol Dharma Pongre'kun serta Irjen Pol (Purn.) Mathius Salempang. 


Nama lain adalah DR. Drs. Edie Rante Tasak, MM, Ketua Umum IKT Propinsi Papua, dan Ir Arie Pongre'kun. Hanya saja, dari pantauan di lapangan dan berdasarkan informasi yang diperoleh, dari sejumlah nama kandidat Ketum tersebut, Jenderal Selvanus Lumbaa, tampaknya mendapat dukungan mayoritas. Pasalnya, Jenderal Kopassus ini dianggap mampu mempersatukan komunitas Toraja atau Sangtorayan baik di dalam maupun di luar negeri. 


Daerah yang menyatakan dukungan terhadap Silvanus Lumbaa adalah PMTI Jawa Timur dan Bali. Seperti disampaikan Wakil dari Jatim yang juga Ketua IKAT Malang, Edy Daniel Tondok. "Kami usung Jenderal Silvanus Lumbaa karena menurut kami beliau sangat bersahaja dan akan mampu mengakomodir sangtorayan tanpa sekat-sekat," ujar Edy yang sudah memimpin IKAT Malang sejak tahun 2000. Banyak personil Toraja katanya, namun figur yg diusung sudah sangat tepat dari berbagai pertimbangan. 


DR. Drs. Edie Rante Tasak, M.M.,  
(Ketua Umum IKT Propinsi Papua)


Sosok yang akrab dipanggil Edy ini dikenal sangat peduli dengan kepentingan Sangtorayan serta aktif membangun komunikasi dengan kalangan pemuda dan mahasiswa Toraja. Bahkan dengan berbagai stakeholder terkait pariwisata serta memperkenalkan budaya Toraja di Malang Raya. 


Edy mengapresiasi organisasi lain di lingkungan komunitas Toraja yang dapat memperkuat keberadaan Sangtorayaan. "Apakah itu IKAT, IKT, KKT, Kombongan, Tongkonan dan Organisasi Pemuda dan Mahasiswa Toraja serta lainnya," timpalnya. 


Selain IKAT JATIM, IKAT BALI, IKT Papua Barat dan Sulawesi Tenggara, juga dikabarkan menggadang-gadang nama Jenderal Silvanus Lumbaa. Sejumlah daerah lain juga akan menyusul menyatakan dukungannya. Sedang untuk Sekjen, beberapa nama muncul. Ada Mantan Ketua Umum GAMKI, Dating Palembangan dan John Bari. Juga Sarce Bandaso, Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan. Sekjen PMTI saat ini, David Pajung, juga masih disebut-sebut.  


Namun dari nama-nama untuk Sekjen ini, yang menguat Dating Palembangan dan John Bari. Dating dikenal organisatoris handal dan dinamis dalam membuat berbagai terobosan inovatif guna memajukan roda organisasi PMTI ke depan. "Saya kira untuk Sekjen lebih tepat Dating Palembangan atau John Bari. Mereka  organisatoris yang sudah malang melintang dalam mengurus organisasi. Tentu ini bukan hal baru bagi mereka. Dengan kompetensi yang dimiliki PMTI bisa lebih maju, sehingga nama Toraja makin menasional," terang Edy. 


(anto)