Rutinitas Pembersihan Sungai, Satgas Sub 08 Sektor 22 Ajak Warga Melakukan di Sungai Cikapundung
-->

Advertisement Adsense

Rutinitas Pembersihan Sungai, Satgas Sub 08 Sektor 22 Ajak Warga Melakukan di Sungai Cikapundung

60 MENIT
Sabtu, 18 September 2021

60menit.co.id | Satgas Sub 08 Sektor 22 Ajak Warga Melakukan di Sungai Cikapundung wilayah Cipaganti Sabtu (18/09/2021)

60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum sub 08 sektor 22 giat pemeliharaan di Sungai Cikapundung bersama warga RW 01 Kelurahan Cipaganti Kecamatan Coblong Kota Bandung, Sabtu (18/09/2021).


Pemeliharaan sungai dilakukan setiap hari, menurut Dansub 08 (Serma Mikdan) dengan giat bertahap dari tempat satu ke tempat lainya sesuai dengan sekala prioritas. 


"Untuk menentukan sekala prioritas dalam pembersihan sungai, kami melakukan patroli sungai, sehingga hasilnya bisa terpantau wilayah mana yang harus dieksekusi lebih dahulu," ujar Mikdan. 


Hal ini sudah diprogramkan oleh Dansektor 22 (Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P.,). Dalam pelaksanaan di lapangan anggota satgas bergerak mengajak aparat pemerintah di tiap wilayah masing masing, "Tentunya mereka bisa mengutus petugas gober untuk membantu kami, sehingga kita tidak kaku dalam pelaksanaanya," imbuh Mikdan. 



Pembersihan sungai rata rata yang didapat adalah limbah domestk, yaitu sampah rumahan yang belum bisa tertampung di tiap wilayah. 


Sosialisasi oleh satgas dilakukan setiap hari dengan door to door menghampiri warga yang setiap hari berususan dengan sungai. 


"Kami sampaikan sosialisasi tentang Program Citarum Harum, dengan ketat supaya mereka tudak membuang sampah ke sungai," ujar Mikdan. 


Sosialisasi ini satgas melakukannya sejalan dengan patroli sungai, sehingga tidak berlepotan mencari objek sosialisasi. Patroli ini satgas menguatkan penegasan tindakan jika ditemukan warga yang membuang sampah ke sungai. 


(zho)