Solusi Praktis Atasi Pencemaran Oleh Kohe, Satgas Sektor 22 Sub 16 Tingkatkan Produksi Kompos
-->

Advertisement Adsense

Solusi Praktis Atasi Pencemaran Oleh Kohe, Satgas Sektor 22 Sub 16 Tingkatkan Produksi Kompos

60 MENIT
Minggu, 19 September 2021

60menit.co.id | Satgas sektor 22 sub 16 membalikan kompos di lokasi industri pengomposan satgas sub 16, Lembang Bandung Barat, Minggu (19/09/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Satgas sub 16 sektor 22 Citarum Harum, meneruskan produksi kompos pasca melakukan sosialisasi Program Citarum Harum kepada Masyarakat di wilayahnya. 


Pembalikan pupuk kompos salahsatu proses industri pengomposan yang dilakukan satgas sub 16 sektor 22 di kp. Pasirwangi Ds. Gudang Kahuripan Kecanatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Minggu (19/09/2021).


Yaitu Serma Epi Nana Rukmana, selaku Dansub 16 pada kesempatan itu mengatakan, bahwa pasukanya masif melakukan tugas sebagai satgas Citarum Harum di Sektor 22 dalak menegakan Peraturan Presiden No. 15 Tahun 2018 sebagai landasan program. 


"Hari ini kita melaksanakan sosialisasi di wilayah sub 16. Bersama Bpk Tatang, Bpk Agus, Ibu Leni dan ibu Imas. Kami mengimbau kepada masyarajat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat apalagi ke sungai," ujar Epi Nana. 


Pasca melakukan sosialisasi, Serma Epi Nana Rukmana kembali bersama pasuianya untuk mengerjakan pembalikan kompos, industri kompos ini merupakan kegiatan inti satgas sub 16 setelah memimpin pembersihan sungai dan kewajiban lainya. 


Serma Epi Nana Rukmana menyikapi tentang problem yang ada di wilayah kerjanya, yaitu produksi kotoran hewan yang sangat berlebihan hasil dari para peternak sapi. Karena Kota Lembang merupakan produsen besar Susu Murni yang menjadi salahsatu mata pencaharian utama masyarakat Kota Lembang.


"Kita tidak boleh menghentikan suatu penghasilan perekonomian masyarakat, justru kita dorong sumber perekonomian tersebut namun tidak menghasilkan ekses yang merusak lingkungan, ini sedang kita jalani," ujar Epi Nana. 


Anggota Satgas Sub 16-22 ketika melakukan sosialisasi.

Produksi komposter adalah salahsatu solusi yang dikembangkan satgas Sektor 22 Citarum Harum untuk merilai pencemaran Kotoran Hewan terhadap sungai dan lingkungan. 


Serma Epi Nana pun mempelajarinya bahwa jika produksi kompos digalakan oleh masyarakat Kota Lembang akan bisa mencegah tingkat pencemaran dari kotoran hewan.

 

"Sebenarnya jika dihitung dari kebutuhan pupuk di Kota Lembang sendiri kompos yang kami hasilkan ini masih kurang, soalnya masyarakat disini selain peternak sapi juga terkenal bercocok tanam jenis sayuran," imbuh Epi Nana. 


Untuk itu Satgas Sub 16 ini setiap hari menyampaikan tujuan Program Citarum Harum, yang menyentuh berat kepada tingkat pencemaran oleh kotoran hewan kepada masyarakat dengan mengajukan beberapa solusi praktis yang bisa dilakukan semua peternak. 


(zho)