Anak Kali Cihapit Dangkal dan Penuh Sampah, Satgas Sektor 22 Sub 05 Kerahkan Pasukan
-->

Advertisement Adsense

Anak Kali Cihapit Dangkal dan Penuh Sampah, Satgas Sektor 22 Sub 05 Kerahkan Pasukan

60 MENIT
Selasa, 23 November 2021

60menit.co.id | 


60MENIT.co.id, Bandung | Kegiatan pembersihan sungai yang dipusatkan di Anak Kali Cihapit wilayah Rw. 6 kelurahan Samoja, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. Selasa (23/11/2021).


Kegiatan pembersihan tersebut, dilakukan secara gabungan yang bertujuan untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya banjir.


Dansektor 22 Citarum Hatum, Kol. Inf. Eppy Gustiawan mengatakan, kegiatan pembersihan sungai dilakukan diwilayah Sub 5 secara gabungan bersama DPU Kota Bandung, Gober Samoja, dan Baraya Sektor 22 Citarum Harum.


"Kondisi sungai sudah mulai dangkal mengakibatkan aliran sungai tidak mampu lagi menampung debit air jika turun hujan yang melebihi batas sungai, ditambah dengan banyaknya sampah yang menyumbat aliran sungai sehingga menyebabkan terjadinya banjir". Ungkapnya.


Oleh sebab itu, lanjut Dansektor, kegiatan pembersihan sungai sangat dibutuhkan untuk mengembalikan fungsi sungai dan mencegah terjadinya banjir.


"Dalam pelaksanaannya dilakukan secara manual dengan membersihkan sampah yang ada di sungai. Sealin itu, pengerukan sidemen sungai menggunakan alat berat dari DPU Kota Bandung". Ujar Dansektor.


Dansektor berharap, dengan dilaksanakan kegiatan pembersihan sungai ini, kedepan tidak terjadi lagi banjir. Selain itu, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai juga menjadi salah satu hal yang harus selalu diingat agar sungai tidak tersumbat.


"Masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidakembuang sampah dalam bentuk apapun ke sungai. Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian alam, demi kelangsungan hidup anak cucu kita di masa mendatang". Pungkasnya.


Hadir dalam kegiatan tersebut Dansektor 22 Kol. Inf. Eppy Gustiawan, Wakil Komisi C dari Fraksi Demokrat Drs. Iriana, Kepala UPT DAS DPU Kota Bandung Ernin Setiawati, S,Sos. Msi, Lurah Samoja Marni Hidayah, S.H., M.A.P, Dansub 5 Peltu Seno, LPM dan Masyatakat.


(M. Warman)