Tingkatkan Gotong Royong Kemasyarakatan, Satgas Sektor 22 Sub 04 Pada Perbaikan Kirmir Sungai Cikapundung
-->

Advertisement Adsense

Tingkatkan Gotong Royong Kemasyarakatan, Satgas Sektor 22 Sub 04 Pada Perbaikan Kirmir Sungai Cikapundung

60 MENIT
Kamis, 02 Desember 2021

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 04 Melakukan perbaikan Kirmir Sungai Cikapundung di Pasirluyu Kecamatan Regol, Kamis (2/12/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Kebersamaan dalam bergerak perbaikan kirmir yang roboh di Sungai Cikapundung wilayah RW.02 Kelurahan Pasirluyu Kecamatan Regol, kembali diusung oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 04.


Sebagi Dansub 04, Sertu Agus Tardiman memimpin pelaksanaan tersebut, anggota satgas berjibaku dengan Tim Reaksi Cepat DPU UPT Karees bersama tim gober kewilayahan.


Menurut Sertu Agus Tardiman, pelakasaan ini tidak lepas dari DPU Kota Bandung selaku pemilik kewenangan di setiap perbaikan pembangunan wilayah sungai di Kota Bandung. 


"Betul memang DPU yang memiliki kewenangan perbaikan wilayah sungai, soalnya ini dihadapkan dengan pembiayaan sebagai unit reaksi cepat penanggulangan bencana yang sudah tersusun dalam organigram kedinasan," kata Agus.


Satgas Citarum Harum Sektor 22 selalu hadir dalam giat perawatan sungai, bahkan sebagai motor yang menggerakkan aksi penanggulangan bencana merupakan tugas yang mulia dari Program Citarum Harum. 


Giat ini Satgas Sektor 22 mengajak aparat kewilayahan merupakan koordinasi dan pendampingan dalam aksi di lapangan supaya bisa memotivasi pada tim gorong-gorong bersih (Gober) dari kewilayahannya.


"Motivasi ini yang kita harapkan bisa menerap pula ke masyarakat setempat juga membuat gerak para aparatnya, sehingga bisa membangkitkan kembali sikap Gotong Royong untuk menata lingkungnnya," imbuh Agus.



Perawatan sungai yang sudah dilakukan sejak terbentuknya Satgas Citarum Harum, bahwa Sektor 22 selalu melakukan sosialisasi sebagai pengobar bangkitkan kepedulian terhadap lingkungan baik dari masyarakat apalagi kepada pemerintah kewilayahan sebagai pemilik warganya.


Hal itu masih dilakukan oleh semua anggota satgas, melalui komunikasi sosial secara terus menerus yang disampaikan kepada lapisan masyarakat baik tingkat bawah maupun ke tingkat yang lebih tinggi.


"Secara kondisional sosialisasi sering pula dilakukan antar dinas pemerintah di setiap kewilayahan, saat itu pula menghadirkan para tokoh masyarakat yang dianggap paling kompetitif di lingkungannya," kata Agus.


Semua hal diatas merupakan upaya yang serius dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 untuk membangkitkan energi masyarakat pada kepedulian lingkungan supaya bisa bergerak bersama-sama dalam mewujudkan tata kelola sungai yang bersih dan sehat.


(zho).