Dansub 16 Sektor 22 Bersama Kelompok ODOS Pedulikan Pengolahan Limbah
-->

Advertisement Adsense

Dansub 16 Sektor 22 Bersama Kelompok ODOS Pedulikan Pengolahan Limbah

60 MENIT
Jumat, 25 Februari 2022

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 16, Ikuti Pelatihan Pengolahan Limbah, Jumat 25/02/2022 (By M. Warman)


60MENIT.co.id, Lembang |  Dansub 16 Sektor 22 Citarum Harum Serma Epi Nana Rukamana menghadiri kegiatan pelatihan pengolahan limbah oleh Kelompok Obor Desa Organik Sukajaya (ODOS) di Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jum'at (25/2/2022)


ODOS alias Kelompok Obor Desa Organik Sukajaya merupakan kelompok desa binaan Bank Sinarmas yang mengolah limbah peternak menjadi briket obor untuk pertanian pangan sehat dan penghijauan.


Peternak sapi, petani, anak muda, dan beberapa ibu rumah tangga anggota PKK Desa Sukajaya terlibat langsung dalam usaha pengolahan limbah peternakan sapi segar menjadi media tanam Briket OBOR. 


Dansub 16 Serma Epi Nana Rukamana menjelaskan, Pengolahan limbah peternakan ini dimulai oleh Kelompok Obor Desa Organik Sukajaya (ODOS) yang mendapat pembinaan langsung dari PT. Bank Sinarmas Tbk.


"Teknologi ini membuat kotoran sapi segar bisa diolah lebih singkat dengan proses pembuatan kascing lebih cepat dari 3 bukan menjadi 1 bulan. Sedangkan untuk proses pembuatan pupuk dari 1 bulan menjadi 5 - 7 hari". Jelasnya.


Menurut, Dansub 16 Serma Epi Nana Rukmana, program ini bertujuan untuk mengubah pola pikir peternak wilayah Desa Sukajaya untuk stop buang limbah peternakan ke saluran air dan mengolahnya menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi dengan dampak positif bagi lingkungan. 


"Saya sangat mendukung dengan program ini, Karena sangat beririsan dengan program Citarum harum, khususnya dalam penanganan Kohe (Kotoran Hewan) agar tidak mencemari lingkungan". Ucapnya.


(M. Warman)