Peltu Ihwan Dansub 09 Sektor 22 ; Rumput Liar, Salahsatu Pengganggu Kebersihan Sungai Cidurian
-->

Advertisement Adsense

Peltu Ihwan Dansub 09 Sektor 22 ; Rumput Liar, Salahsatu Pengganggu Kebersihan Sungai Cidurian

60 MENIT
Rabu, 23 Maret 2022

60menit.co.id | Sungai Cidurian wilayah Kec. Rancasari pasca dibersihkan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 09, Rabu 23/03/2022 (zhovena)

60MENIT.co.id, Bandung | Perawatan Sungai menurut Satgas Citarum Harum Dansub 09 Sektor 22, adalah harus dari berbagai bidang, yaitu pembersihan sampah dan limbah lainya, membersihkan sempadan sungai meliputi kirmir dari rumput liar begitupun daerah aliran sungainya.


Peltu Ihwan Maryudin (Dansub 09/22) membawa pasukannya untuk melakukan pembersihan kirmir di Sungai Cidurian wilayah Rw. 04 Manjahlega Kecamatan Rancasari, hingga 300 kg rumput liar didapatkan dari 200 M sungai yang dibersihkan.


"Ini artinya gulma rumput liar tidak bisa dianggap enteng, soalnya bisa merusak kirmir yaitu mudah rapuh tergerogot oleh akar-akarnya. Maka kirmir mudah roboh," kata Ihwan.


Dari hasil pembersihan ini Peltu Ihwan sangat berharap, perawatan sungai harus dilakukan secara rutin, terutama pembersihan rumput liar.

Sungai Cidurian wilayah Rancasari tampak cantik dan lebar, sedang dibersihkan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 09


Peltu Ihwan menambahkan, bahwa kondisi sungai sudah jarang ditemukan sampah domestik yang berlebihan, "Mudah-mudahan masyarakat semakin sadar bahwa pentingnya pengelolaan sampah di rumahnya, dan sungai bersih dan sehat bisa menjadi harga mati bagi mereka," harapnya.


Hal diatas sesuai dengan hasil patroli sungai yang dilakukannya. Satgas sub 09 hanya menemukan gundukan rumput liar yang subur terlihat di beberapa lokasi sungai.


Satgas sub 09 sedang komunikasi sosial dengan masyarakat.


Pada patroli sungai Peltu Ihwan mengarahkan kepada anggotanya supaya sekaligus komunikasi sosial kepada masyarakat, selain berkomunikasi sosialisasi program Citarum Harum juga satgas memerhatikan kondisi sampah di area rumah mereka. "Makasud kita jika ditemukan ceceran sampah di rumahnya sekalian kita arahkan yang benar, supaya sampah tidak terbawa hujan ke sungai," tutup Ihwan 


(zho)