Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 16 Pertahankan Produksi Kompos
-->

Advertisement Adsense

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 16 Pertahankan Produksi Kompos

60 MENIT
Minggu, 03 April 2022

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Citarum 16 menjadikan Kotoran Hewan ke Pupuk (Kompos), Lembang Minggu 3/04/2022 (M. Warman)


60MENIT.co.id, Lembang | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 16 mengolah kotoran hewan menjadi kompos di wilayah Kampung Pasirwangi, Desa Gudang Kahuripan, kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Minggu (3/4/2022).


Dansub 16 Serma Epi Nana mengatakan, Kegiatan tersebut bertujuan dalam rangka upaya mengatasi permasalahan Kotoran hewan (Kohe) di wilayah tersebut.


“Pembalikan pupuk kompos setiap hari kami lakukan, sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan kotoran hewan (Kohe) yang berada diwilayah lembang". katanya.


Menurut Epi, tujuan pembuatan kompos merupakan contoh bagi para peternak agar mereka bergerak bisa memanfaatkan kohe menjadi yang bernilai ekonomis.


“Tingkat Peringkat Kohe yang dihasilkan dari peternak sapi ini sangat tinggi karena berpengaruh terhadap Sungai Cikapundung dan Sungai Cibeureum. Maka untuk meminimalkan pencemaran sungai, Kohe kita mempersiapkan pupuk kompos". Tutur Epi.


Selain pembalikan pupuk kompos, Dansub 16 bersama anggota melakukan Komsos (komunikasi sosial), memberikan himbauan dan edukasi kepada masyarakat agar lebih bercermin pada kebersihan sungai dan lingkungan.


“Sosialisasi kami lakukan rutin kepada masyarakat dengan mengajak dan mengimbau agar tidak membuang sampah ke sungai dan menjaga kebersihan lingkungan". Pungkas Epi.


(M. Warman)